Loading...

APA SAJA GEJALA PENYAKIT RADANG SENDI

Loading...
Artritis Reumatoid (AR) merupakan radang sendi yang apabila tidak ditangani dengan sedini mungkin maka dapat menimbulkan cacat permanen. Oleh sebab itu, penting untuk mengenali gejalanya sedini mungkin juga.

Menurut dokter reumatologi RSCM Jakarta, dr Bambang Setiyohadi, SpPD-KR, untuk menegakkan diagnosis AR diperlukan pengamatan terhadap beberapa gejala yang ditunjukkan oleh pasien.

Beberapa di antaranya yaitu kaku sendi pagi lebih dari 1 jam, nyeri menyerang lebih dari 3 sendi (khususnya sendi-sendi pada pergelangan tangan dan jari-jari tangan), nyeri bersifat simetrik alias seimbang antara kiri dan kanan.

"AR tak hanya bisa menyerang sendi-sendi tangan tapi juga sendi-sendi lain. Tapi memang yang paling khas adalah sendi-sendi tangan," ujar dr Bambang dalam acara konferensi pers Kampanye 'Cermati AR' yang diselenggarakan di Hotel Borobudur.

Pendapat senada disampaikan dr Rudy Hidayat, SpPD-KR, dari RSCM Jakarta. Menurutnya, tanda peradangan pada sendi mutlak harus diperhatikan untuk mengenali gejala AR.

Tanda peradangan tersebut di antaranya sendi tampak memerah, nyeri, bengkak, panas, serta muncul gangguan pada fungsinya.

"Kaku sendi lebih dari 60 menit terutama pagi hari. Sebab malamnya kan tidak digerakkan dalam waktu lama. Nanti tambah siang biasanya tambah nyaman. Gejala seperti ini umumnya juga muncul lebih dari 6 pekan. Tolong ini dicurigai AR," paparnya.

Bila ada peradangan, ia menganjurkan pasien untuk segera ke dokter. Sebab pengobatan dini dengan tepat diyakini dapat mengurangi risiko radang berlanjut sampai menimbulkan kecacatan pada area yang nyeri.

Loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 02:48
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.