Kandungan Gizi Ubi Manis Penuhi Syarat Diet Sehat

Diet Sehat Dengan Ubi Jalar, Bisakah? Pada awalnya jika disebut nama ubi maka yang terbayang adalah makanan ndeso yang banyak dimakan oleh mereka yang tinggal di pedesaan dan kadang dijadikan hantaran untuk sekedar makan siang atau camilan saat bekerja disawah untuk menemani saat istirahat.
Ubi jalar merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin A dan merupakan sumber kalium dan vitamin C, B6, riboflavin, tembaga, asam pantothetic dan asam folat. Sebuah ubi jalar sedang memiliki 28% lebih banyak kalium dibandingkan pisang.
Tetapi saat ini pamor ubi sudah mulai naik daun apalagi dengan menjamurnya warung yang menjual ubi. Naiknya pamor ubi salah satunya juga sangat didukung dengan maraknya penyedia umbi madu yang terkenal dengan nama umbi cilembu.

Bayangkan saja harga per kg umbi cilembu lebih mahal daripada harga 1 kg beras berkualitas. Saat ini jika anda ingin mengonsumsi umbi cilembu, anda harus mengeluarkan uang sekitar Rp 15.000 untuk membayar 1 kg umbi cilembu mentah. 

Sedangkan untuk umbi cilembu matang maka harganya jauh lebih mahal lagi yaitu untuk setiap kg nya dipatok sekitar Rp 20.000/kg. Itu adalah harga dipinggir jalan atau warung umbi yang kecil. Setelah masuk ke supermarket maka harga umbi ini akan bisa semakin mantap lagi. Umbi cilembu merupakan salah satu contoh saja dari sekian jenis ubi jalar yang sekarang ini begitu populer dan disukai banyak orang.
Ubi jalar mengandung serat dua kali lipat lebih banyak dibandingkan makanan karbohidrat lainnya. Satu buah ubi jalar mengandung 7 gram serat yang mampu membuat Anda merasa kenyang lebih lama.
Ubi jalar atau ubi manis merupakan makanan yang terbaik di daftar sayuran. Sayuran yang menjadi runner up setelah ubi jalar adalah wortel mentah. Ubi jalar merupakan makanan dengan rasa manis yang bebas lemak dan mengandung 769% dari nilai harian Vitamin A dan 65% kebutuhan vitamin C dalam satu porsi (kurang lebih satu cup). Bahkan makanan super ini juga mengandung 4 gram protein per porsi!

Ubi jalar bisa dikonsumsi hampir oleh seluruh kalangan. Makanan ini cukup aman untuk disajikan kepada bayi dengan usia lebih dari 6 bulan, dan bagi kebanyakan anak, ubi jalar dengan cepat menjadi makanan favorit mereka. Serat yang tinggi dalam ubi jalar juga membantu pencernaan awal bayi dengan cara memperlancar transisi ke makanan padat.


Ubi jalar mengandung jumlah tinggi beta karoten, yaitu sebuah antioksidan alami yang mampu membantu tubuh untuk meningkatkan pertahanan yang kuat terhadap radikal bebas dan penyakit. Ubi jalar juga mengandung Vitamin C, Vitamin B dan fosfor dalam jumlah yang cukup tinggi. 

Ketiga kandungan dalam ubi jalar ini membuat ubi jalar menjadi sebuah alat yang ampuh melawan infeksi.

Tidak bisa dipungkiri bahwa salah satu hal yang ditakuti bagi mereka yang sedang diet adalah perasaan lapar. Sebab ketika rasa lapar menyerang dan sulit untuk dijinakkan maka Anda bisa mengonsumsi apapun demi mengenyangkan perut Anda. Jika tidak hati-hati maka program diet yang Anda susun pun gagal.

Salah satu bahan makanan yang siap mengenyangkan perut Anda adalah karbohidrat. Namun yang menjadi masalah adalah tidak sepenuhnya karbohidrat menyehatkan tubuh. Jika Anda sedang mengalami masalah yang sama, cobalah untuk mengonsumsi ubi manis.

Dilansir dari healthmeup.com, Kandungan Gizi Ubi Jalar Yang Menjadikan Makanan ini Cocok Untuk Program Diet

Karbohidrat
Ubi jalar memiliki kandungan karbohidrat sedikit lebih rendah dari karbohidrat biasa. Sebagai contoh satu kentang ukuran sedang mengandung 26 gram karbohidrat, sedangkan satu ubi jalar sedang mengandung 23 gram karbohidrat.

Serat
Ubi jalar mengandung serat dua kali lipat lebih banyak dibandingkan makanan karbohidrat lainnya. Satu buah ubi jalar mengandung 7 gram serat yang mampu membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Vitamin dan Kalium
Ubi jalar merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin A dan merupakan sumber kalium dan vitamin C, B6, riboflavin, tembaga, asam pantothetic dan asam folat. Sebuah ubi jalar sedang memiliki 28% lebih banyak kalium dibandingkan pisang.

Mengandung air
Jumlah air yang tinggi yang ditemukan dalam ubi jalar membantu Anda menurunkan berat badan. Seperti serat, air akan memenuhi perut Anda. Oleh karena itu, makan makanan yang mengandung jumlah air yang tinggi membuat Anda merasa kenyang dan akan mencegah makan berlebihan dan ngemil di antara waktu makan.

Ubi sendiri bisa Anda olah menjadi makanan diet yang menyenangkan. Namun Anda juga harus berhati-hati dalam memilih ubi. Jangan yang retak atau memar kemudian disimpan di tempat yang sejuk sebelum Anda mengolahnya.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 07:28
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.