Dengan Ramuan Herbal, Cara Alami Mengobati Sakit Gigi

loading...
Siapa yang belum pernah merasakan sakit gigi? Hampir semua orang pernah merasakan sakit gigi. Sakit gigi tidak mengenal usia mulai dari anak-anak sampai orang dewasa di "serangnya". Pola makan yang tidak baik, terlalu manis, terlalu panas bahkan terlalu dingin bisa memicu sakit gigi. Cara sikat gigi yang tidak benar, pemilihan sikat gigi yang salah atau terlalu keras dapat merusak lapisan gigi yang pada gilirannya bisa menyebabkan sakit gigi. Sakit gigi disebabkan oleh berbagai
masalah pada gigi dan rahang, seperti karies gigi, gingivitis atau penyakit rahang, dan masih banyak lagi. Sakit gigi juga merupakan gejala penyakit jantung. Sakit gigi dapat mengakibatkan penyakit jantung dan stroke. Setidaknya, sakit gigi dapat menyebabkan kepala pusing dan tidak nyenyak tidur.
Secara umum sakit gigi disebabkan oleh masalah gigi itu sendiri, antara lain:
- rongga gigi
- gigi retak
- masalah di akar gigi
- penyakit gusi
- gangguan dari sendi rahang
Tingkat keparahan sakit gigi dapat berkisar dari ringan hingga kronis, tajam dan menyiksa. Rasa sakit dapat diperburuk oleh mengunyah atau meminum makanan/minuman dingin atau panas.

Tetapi kadang-kadang, sakit gigi bisa juga disebabkan oleh masalah yang tidak berasal dari gigi atau rahang, misalnya:
- sakit di sekitar gigi dan rahang dapat sebagai indikator gejala penyakit jantung (seperti angina atau serangan jantung )
- gangguan di telinga, misalnya infeksi telinga bagian luar atau bagian dalam
- sinus (udara bagian-bagian dari tulang pipi)
- infeksi dan penyakit telinga dan sinus
Oleh karena itu, evaluasi oleh dokter gigi dan dokter sangat diperlukan untuk mendiagnosa penyakit medis yang menyebabkan sakit gigi tersebut.

Ramuan Herbal Untuk Mengobati Sakit Gigi
Selain ke dokter, perlu juga berupaya mengobati sakit gigi secara tradisional, yakni menggunakan ramuan-ramuan herbal. Ada berbagai macam tumbuhan yang digunakan sebagai obat sakit gigi secara alami, kandungan-kandungan yang cukup ampuh dari bahan-bahan seperti bawang putih, minyak cengkih, cabe rawit dan lain sebagainya. Nah dibawah ini adalah beberapa resep tradisional untuk menyembuhkan sakit gigi secara alami.

Daun Serai
Daun Serai merupakan bumbu dapur yang sering digunakan sebagai bahan membuat sayuran. Selain sebagai bumbu dapur, serai juga dapat digunakan sebagai obat sakit gigi. Caranya sangat mudah yaitu dengan  merebus 50 gram serai segar dengan ditambah 2 gelas air dan sisakan air menjadi 1 gelas kemudian kumur-kumur setidaknya sehari 3 kali sehari.

Bawang Putih
Senyawa antiseptik yang terkandung dalam bawang putih berkhasiat menyembuhkan sakit gigi, caranya adalah dengan mengambil 1 siung bawang putih lalu tumbuk hingga halus, kemudian tempelkan pada gigi yang sakit. Setelah 5 menit kumur-kumur dengan air hingga bersih.

Getah Jarak.
Tanaman jarak sekarang ini sedang populer, karena dalam getah jarak tersimpan kandungan bahan bakar alternatif yang dapat menggantikan minyak bumi. Selain digunakan sebagai bahan bakar alternatif, getah jarak juga bisa digunakan untuk mengobati sakit gigi. Caranya adalah ambil getah jarak dengan kapas, lalu oleskan pada gigi yang sakit.

Minyak Cengkeh.
Resep tradisional mengobati sakit gigi yang lain adalah dengan menggunakan minyak cengkih. Caranya adalah dengan meneteskan 3 tetes minyak cengkih ke kapas, lalu oleskan ke gigi yang sakit.

Peppermint
Peppermint dan garam merupakan perpaduan yang sempurna untuk mengatasi dan menyembuhkan sakit gigi. Caranya yaitu dengan merebus 7gram peppermint dan ditambah dengan sedikit garam campur dengan 1 gelas air dan sisakan setangah gelas, sedu ramuan tersebut setidaknya 2 kali sehari sampai gigi benar-benar sembuh.

Garam
Ambil garam secukupnya 2 atau 3 sendok makan, larutkan dalam segelas air hangat, gunakan buat berkumur, bisa diulangi seperlunya. Larutan ini efektif juga untuk mengurangi rasa nyeri akibat sakit gigi.

Note: Ingat, jika sakit berlanjut bawalah segera ke dokter karena dikhawatirkan sudah timbul infeksi dan efeknya bisa menjalar kemana-mana. Semoga bermanfaat.
Baca Juga:

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Peternakan dan Herbal Updated at: 01:43
loading...
Copyright@2014-2018. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.