Bunga Ekor Kucing, Tanaman Hias yang Berkhasiat Herbal

loading...
Kita mungkin sudah kenal rumput ekor kucing yang mudah tumbuh dimana-mana dan tergolong sebagai tanaman liar. Menurut wikipedia, Rumput ekor-kucing (Pennisetum polystachion) adalah sejenis rumput pendatang dari Afrika tropis, anggota suku Poaceae. Rumput berukuran besar ini agaknya sengaja dibawa dan ditanam sebagai pakan ternak, namun acap kali meliar dan tumbuh sebagai gulma di lahan pertanian. Kadang-kadang ada pula yang menyebutnya rumput gajah. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Mission grass atau Feather pennisetum.Itulah sekilas tentang rumput ekor kucing, sengaja kita bahas sedikit agar pembaca tidak keliru antara rumput ekor kucing dan bunga ekor kucing

Sedangkan yang akan diulas dibawah ini adalah bunga ekor kucing, sama-sama pakai nama ekor kucing, serupa tapi beda. Kalau rumput ekor kucing adalah tanaman liar sedangkan bunga ekor kucing adalah sejenis tanaman hias yang sudah banyak dibudidayakan karena sifat tumbuhnya yang sangat mudah dikembangbiakkan atau diperbanyak.

Bunga Ekor Kucing

Rumput Ekor Kucing
Bunga ekor kucing (Acalypha hispida Burm. f.) adalah tanaman yang berasal dari Hindia Barat. Ekor kucing biasanya ditanam sebagai tanaman hias di pekarangan rumah atau sebagai tanaman pembatas pagar. Disebut ekor kucing karena bentuk bunganya yang mirip dengan ekor kucing

Selain dimanfaatkan sebagai tanaman hias, bunga ekor kucing ternyata juga biasa digunakan sebagai tanaman obat. Bagian tanaman yang digunakan untuk pengobatan adalah bunga dan daun.

Bunga ekor kucing bisa digunakan untuk mengobati disentri, radang usus, perdarahan, seperti berak darah, muntah darah, mimisan, cacingan, luka bakar, dan tukak (ulkus) di kaki. Sementara daunnya digunakan untuk mengobati bercak putih di kulit karena kehilangan pigmen (vitiligo), disentri, batuk darah (hemoptisis), luka berdarah, dan sariawan.

Manfaat Bunga Ekor Kucing.

Berikut ini beberapa contoh pemanfaatan bunga ekor kucing untuk pengobatan tradisional:

Muntah darah

Ambil bunga ekor kucing secukupnya, kemudian dikunyah mentah bersama pinang putih, kalau perlu tambahkan jahe sedikit, kencur, dan daun pulai yang masih muda. Lakukan pengobatan ini setiap hari.

Atau bisa juga dengan bunganya. Bunga ekor kucing dilumatkan dengan gula merah secukupnya kemudian dimakan.

Vitiligo

Cuci segenggam daun segar dan kencur seukuran 1/2 ibu jari sampai bersih, lalu giling sampai halus. Balurkan pada bagian tubuh yang berbercak putih, lalu balut. Lakukan pengobatan ini setiap hari.

Luka berdarah

Untuk menutup luka, cuci segenggam daun segar sampai bersih, lalu tumbuk sampai halus. Tempelkan pada luka, lalu balut dengan kain perban.

Mengobati disentri

Ambil 10-30 gram bunga ekor kucing, cuci bersih kemudian diebus hingga airnya mendidih. Setelah dingin, airnya diaring kemudian diminum.

Mengobati radang usus

Untuk mengobati radang usus, ambil 20 gram bunga ekor kucing, cuci bersih, kemudian direbus dengan air secukupnya hingga mendidih. Setelah dingin, airnya disaring kemudian diminum.

Memberantas Cacingan

Cacingan pada anak bisa diobati dengan bunga ekor kucing. Caranya, sediakan 15 gram bunga ekor kucing, kemudian direbus dengan air secukupnya hingga mendidih. Setelah dingin, airnya disaring kemudian diminum. Untuk lebih menarik anak anak agar mau meminumnya bisa dicampur sirup dengan rasa yang anak-anak sukai.

Demikian beberapa manfaat dari bunga ekor kucing tanaman hias yang sering ada dipekarangan rumah kita. Hati-hati jangan sampai keliru dengan rumput ekor kucing, karena kalau rumput ekor kucing adalah tanaman liar yang sering digunakan untuk pakan ternak.

Baca Juga:

Kamboja si Bunga Kematian Ternyata Banyak Manfaatnya

Benalu, Tanaman Parasit Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

Rumput Odot, Cepat Tumbuh, Cepat Panen

Lagi, Indigofera Hijauan Alternatif dengan Protein 27%

Manisnya Gula Pahitnya Petani Tebu

 



loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Peternakan dan Herbal Updated at: 20:24
loading...
Copyright@2014-2018. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.