Manfaat Blueberry, Buah Imut Untuk Mencegah Kanker dan Menyehatkan Jantung

Semua spesies yang nama umum Inggrisnya meliputi "blueberry" dikelompokkan dalam bagian Cyanococcus dari genus Vaccinium. Beberapa tanaman lain dari genus Vaccinium juga memproduksi beri biru yang kadang-kadang mirip dengan blueberry, terutama bilberry Eropa (Vaccinium myrtillus), yang dalam banyak bahasa memiliki nama yang berarti "blueberry" dalam bahasa Inggris. Meskipun bluberry adalah tumbuhan asli di Amerika Utara, mereka juga tumbuh di Belahan Selatan di Australia, Selandia Baru dan negara-negara Amerika Selatan, dan dikirim melalui udara sebagai produk segar untuk pasar-pasar di seluruh dunia.
Kandungan Nutrisi Blueberry:
Vitamin C
Blueberry kaya akan vitamin C. Berkat mengonsumsi vitamin ini, Anda akan mendapatkan sederet manfaat yang beragam, yaitu sebagai benteng pertahanan tubuh dari serangan flu, infeksi saluran kemih, bahkan kanker. Vitamin C juga bertindak sebagai antioksidan serta meningkatkan produksi kolagen untuk mendapatkan kulit yang lebih halus dan sehat. Keuntungan lainnya adalah sebagai pendukung kesehatan gusi. Bahkan, dari satu cangkir blueberry utuh dan segar saja sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian sebesar 24 persen. Selain vitamin C, blueberry juga mengandung vitamin A, vitamin K, dan vitamin B6.
Serat
Zat ini memiliki banyak fungsi, yaitu membantu mengontrol kadar gula darah, kolesterol, berat badan, dan mencegah serta mengobati sembelit. Maka dari itu, blueberry sangat baik bagi Anda yang mengidap diabetes tipe 1. Mengonsumsi tiga porsi blueberry per minggu yang dikombinasikan dengan buah-buahan lain juga dapat mengurangi 7 persen risiko diabetes tipe 2.
Mineral
Blueberry mengandung berbagai mineral yang baik bagi kesehatan tubuh, seperti mangan, tembaga, zat besi, kalium, dan zinc. Karena itu, mengonsumsi blueberry dapat membantu memberikan perlindungan terhadap kesehatan tulang sehingga jauh dari risiko tulang mudah patah.
Buah berry, dari jaman dahulu sudah sangat dikenal orang dengan jenisnya yang sangat banyak mulai dari stroberi, murbei, blueberri dan lain-lain. Kelompok nuah berry ini memang memiliki rasa yang khas dan memiliki penggemar fanatik nya sendiri-sendiri. Keluarga dari buah beri memang terkenal akan kandungan zat antioksidan yang tinggi di dalamnya. Sehingga mengonsumsi buah jenis ini bermanfaat besar untuk kesehatan tubuh Anda. Berikut adalah manfaat utama mengonsumsi buah blueberry yang wajib untuk Anda ketahui seperti dilansir dari care2.com.
Blueberry adalah tanaman berbunga dalam genus Vaccinium, bagian Cyanococcus. Spesies ini tumbuh di Amerika Utara. Berupa semak yang ukurannya mulai 10 cm hingga 4 m; spesies terkecil dikenal sebagai "bluberry semak rendah" (sama dengan "liar"), dan spesies terbesar adalah "blueberry semak tinggi".  
Mengurangi risiko diabetes
Salah satu zat antioksidan di dalam blueberry yang bermanfaat untuk memberikan warna biru yaitu anthocyanin mampu menurunkan risiko diabetes tipe 2. Sebab zat ini mampu mengurangi kadar gula darah dalam tubuh Anda.

Menurunkan berat badan
Ingin menurunkan berat badan? Perbanyak konsumsi blueberry. Zat dalam blueberry yang disebut dengan catechin mampu membakar lemak lebih cepat.

Kaya akan zat antioksidan
Zat antioksidan adalah senyawa dalam makanan yang bermanfaat untuk menetralisir radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh manusia. Radikal bebas mampu merusak sel-sel sehat dan dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung, hati, serta menurunkan sistem kekebalan tubuh.

Meningkatkan kemampuan memori
Minum jus blueberry setiap hari mampu meningkatkan fungsi otak Anda untuk mengingat. Buah ini juga berfungsi untuk mencegah munculnya penyakit demensia di usia senja.

Mencegah kanker
Penelitian telah menemukan bahwa blueberry bermanfaat untuk mengurangi kanker payudara, kanker usus, dan kanker kerongkongan. Sebab kandungan zat antioksidan di dalam blueberry dapat mencegah sel kanker untuk berkembang.

Baik untuk kesehatan jantung
Banyak penelitian kesehatan yang telah menunjukkan bagaimana manfaat blueberry untuk kesehatan jantung. "Wanita yang mengonsumsi setidaknya tiga porsi blueberry per minggu memiliki risiko yang rendah untuk terkena penyakit jantung," tulis penelitian dari Research Center on Aging di Tufts University.

Dengan banyaknya manfaat yang terkandung dalam buah blueberry ini, tidak ada salahnya kalau sekali-sekali kita mencoba mengkonsumsinya untuk bisa mendapat efek manfaat buah ini buat kesehatan. Apalagi jika kita bisa mengkonsumsinya dengan jumlah yang mencukupi dan rutin setiap hari tentu efeknya akan semakin terasa.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 01:16
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.