Macam dan Jenis Pakan Ikan Koi Berdasarkan Manfaatnya


Macam-macam Jenis Pakan Koi Menurut Penggunaannya
Berdasarkan manfaatnya, pakan ikan koi dapat dibagi menjadi 2 macam yaitu:
  • Pakan Koi Untuk Memacuk Pertumbuhan
  • Pakan Ikan Koi Untuk Mempertajam Warna Sisik Koi
Pakan Ikan Koi. Pakan berfungsi untuk membentuk tubuh ideal dan mencemerlangkan warna pada ikan koi, juga sebagai media perantara untuk mengobati ikan koi yang sakit. Jenis pakan yang diberikan bisa berupa pakan alami atau pakan buatan. Pakan tersebut mengandung gizi seimbang sesuai dengan kebutuhan ikan koi. Pakan sebaiknya diberikan dua kali sehari, pagi dan sore agar kebutuhan gizi ikan terpenuhi.
Koi atau secara spesifiknya koi berasal dari bahasa Jepang yang berarti ikan karper. Lebih spesifik lagi merujuk pada nishikigoi, yang kurang lebih bermakna ikan karper yang bersulam emas atau perak.
Jenis pakan yang digunakan untuk memacu pertumbuhan ikan koi agar tubuh ideal adalah wheat germ. Pakan terbuat dari bahan yang mengandung protein tinggi seperti, gandum, tepung udang, tepung ikan, dan bungkil kacang kedelai.

Kandungan protein sekitar 32%. Selain itu wheat germ juga mengandung vitamin A,D,E,K,B2,B6,B12, niasin, vitamin C dan unsur-unsur mineral lain seperti kalsium, choline chloride, panthetonate, trace mineral, dan antioksidan.

Sementara, pakan untuk mencemerlangkan / mempertajam warna koi adalah pakan mengandung zat karoten. Zat tersebut dapat merangsang munculnya warna pada ikan koi. Secara alami di dalam tubuh ikan koi terdapat zat karoten berupa antaxanthin menghasilkan warna merah, dan lutein menciptakan warna kuning kehijauan.
Potensi Pasar Ikan Koi. Kekuatan potensi ikan hias air tawar semakin dipetakan. Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia optimis dengan serapan pasar ikan hias air tawar di Tiongkok. Pada saat bersamaan, negara pesaing yakni Singapura juga semakin menghadapi permasalahan minimnya lahan. “Harga sewa lahan (untuk budidaya ikan hias) di Singapura semakin tinggi. (harga tanah) naik terus. Ini kesempatan untuk kita gembosi (produksi) ikan hias air tawar. Karena selama ini, Singapura yang bisa rebut pasar ekspor,”
Pakan ikan koi yang mengandung zat karoten diantaranya; wortel, alga atau ganggang Spirullina, dan Chlorella, semangka, sawi, kubis dan cabai hijau. Sedangkan pakan dari hewan bisa diberikan kepiting, udang-udangan, krill, trout, salmon, kutu air, jentik nyamuk, cacing rambut, dan cacing darah.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 20:25
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.