Mengenal Jenis Jenis Durian

Posted by

Loading...
Siapa tidak kenal Durian, buah yang kulit luarnya dipenuhi duri namun dalamnya menjadi kelangenan sebagian orang. Disebut hanya sebagian orang karena sebagian lagi bahkan tidak suka sama sekali dengan yang namanya durian ini. Secara umum durian yang sudah benar-benar matang pohon baunya sangat harum dan khas dan karena baunya ini sebagian orang bahkan tidak tahan sehingga pada akhirnya tidak suka menyantapnya. Jenis durian sangat banyak, bahkan tiap daerah di Indonesia mempunyai hasil durian yang benar-benar khas daerah masing-masing. Berikut diantaranya:
 
Jenis – Jenis Durian

Durian Monthong
Tanaman Durian monthong adalah tanaman genjah. Mampu berproduksi diumur 4-5 tahun setelah ditanam. Produksi buahnya banyak.. Bobot buahnya mencapai 6 kg. Dagingnya tebal, rasa manis legit dengan aroma harum.Durian monthong terkenal dengan bijinya yang kecil sementara dagingnya tebal sekali, merupakan salah satu jenis durian unggulan.

 Durian Monthong

Durian Petruk
Durian ini berasal dari Randusari, Jepara, Jawa Tengah, dan telah dilepas sebagai varietas unggul nasional. Bentuk buahnya bulat telur terbalik dengan kulit buah tipis (sekitar 3 mm) berwarna hijau kekuningan. Durinya berbentuk kerucut, kecil, dan rapat. Daging buah berwarna kuning, berserat halus, agak lembek, dan rasanya manis sekali. Namun, aromanya tidak begitu tajam dan menyengat. Jumlah pongge per buah antara 5-10 dengan biji sempurna 5-10. Ukuran bijinya kecil dan berbentuk lonjong. Berat rata-rata buah antara 1-1,5 kg. Produksi buah berkisar dari 50-150 buah/ pohon/tahun. Durian ini relatif tahan penyakit busuk akar dan hama penggerek buah

Durian Bokor
Berasal dari Sukahaji, Majalengka, Provinsi Jawa Barat. Buahnya besar dengan berat mencapai 3,9 kg/buah. Bentuk Buah bulat panjang berwarna hijau sedikit kekuning-kuningan. Kulitnya berketebalan sedang 3 samapi 5 mm. Durinya berbentuk kerucut, besar-besar dan tersusun jarang. Dagingnya memiliki ketebalan yang sedang, berwarna kuning muda dengan tekstur halus, dan tidak berserat. Rasanya manis dengan aromanya harum. Jumlah pongge/buah + 15-20 dengan jumlah biji 10-20. Produktivitasnya cukup baik, bisa menghasilkan 150-200 buah per pohon. Tahan dengan penyakit busuk akar, tetapi peka terhadap hama penggerek.

Durian Bubur
Buah ini berasal dari Semarang, di daerah Brongkol. Bentuk buahnya bulat panjang dengan duri runcing serta tersusun rapat. Kulit buah berwarna kuning sedikit kehijauan-hijauan dan berjuring lima. Belimbingan dari juringnya jelas terlihat. Daging buah padat, tebal dan pongge yang berjumlah 1 hingga 5. Teksturnya kering dan kesat, rasanya manis dengan aroma harum. Ukuran buahnya lumayan besar, dengan berat per buah antara 4 hingga 5 kg, sedangkan biji kecil-kecil. Produktivitas tanaman dewasa cukup tinggi, per pohon menghasilkan 300-400 buah/tahun.

Durian Hepe
Namanya berkaitkan dengan keadaan biji buah yang kempes (hepe bahasa Sunda). Durian ini ditemukan di daerah Jonggol, Bogor. Buah berbentuk bulat telur dengan berwarna hijau kecokelatan. Kulit tebal dengan duri runcing dan rapat. Keistimewaannya daging yang tebal dan rasan dengan rasa manis pahit. Daging berwarna krem berserat dan kering. Bobotnya 1-2 kg/buah. Produksi per pohonnya 300-400 buah.

Durian Kamun
Merupakan durian yang populer di Banjarnegara. Keistimewaannya yaitu bijinya kempes. Daging buahnya berlemak, kering dan warna kuning tembaga. Rasanya manis legit dengan aroma harum. Berat rata-rata 2,5 kg. Produktivitas 300-400 buah.

Durian Kendil
Durian berasal dari Brongkol, Semarang. Namanya dikaitkan dengan bentuk yang bulat seperti periuk (kendil). Kulit buahnya mudah untuk dibelah. Buahnya terdiri lima juring clan disetiap juring berisi daging yang menyatu sehingga terlihat penuh dan padat. Berat buah + 3,5 kg. Produktivitas rata-rata 570 buah.

Durian Ajimah
Durian ini dikenal durian bung karno. Konon, karena jenis ini adalah salah satu jenis durian yang disenangi oleh Presiden Pertama RI. Durian ini bisa ditemukan di daerah Ciomas, Bogor. Duri-durinya besar dan jarang. Kulitnya tipis dan berwarna hijau agak keabuan. Dagingnya tebal berwarna kuning muda dan kering dengan teksturnya berserat. Rasanya manis sedikit kepahitan. Pongge buah besar, tetapi bijinya kecil-kecil. Kebanyakan buahnya tumbuh dengan sempurna. Walaupun berukuran kecil, tetapi jika dibuka isi daging sangat padat. Ukuran buahn tergolong sedang, karna rata-rata dengan berat 1,5 sampai 3 kg/buah.

Durian Lambau
Jenis durian ini dari Purworejo, Jawa Tengah. Durinya sedang, berbentuk seperti kerucut, dan tersusun dengan rapat. Ponggenya besar, dagingnya tebal, kasar, kering dan berwarna kuning. Rasanya manis dengan aromanya yang menyengat dan tajam. Biji buahnya kecil-kecil, dengan produktivitasnya rendah, setiap pohon menghasilkan 30 buah.

Durian Lutung
Jenis durian ini ditemukan di Kendal. Bentuk nya hamspir sama dengan buah-buah durian lainnya tetapi kulit berwarna keabu-abuan dengan duri besar-besar, tersusun rapat dan kokoh. Kelebihan durian ini bijinya kempes. Produksi 100 buah/tahun.

Durian Merah
Durian merah ini bisa kita jumpai di Desa Kamiren Kecamatan Glagah dan di Kecamatan Songgon Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Ternyata durian ini merupakan salah satu buah durian yang menjadi unggulan di daerah Jawa Timur. Oleh karena itu banyak para penggemar buah durian baik dari Jawa Timur maupun dari luar daerah Jawa Timur rela datang hanya unutuk menikmati buah ini. Durian yang nama latinnya Durio graveolens memiliki ciri daging buah yang berwarna merah. Berbeda dengan durian pada umumnya, biji durian merah lebih kecil dan daging buahnya pun lebih tebal dan lebih manis. Kadar alkoholnya pun lebih rendah dan aroma buah lebih menyengat. Untuk ukuran, buah ini berukuran sedang atau sedikit lebih kecil dibanding durian lain. Warna kulit buah tidak berbeda dengan buah durian lainnya yaitu berwarna kuning. Untuk cara hidup durian ini sama seperti buah durian lainnya yaitu tumbuh di daerah tropis pada ketinggian kurang lebih 800 meter diatas permukaan laut. Akan tetapi waktunya berbuah durian merah tidak menentu, tidak bisa dipastikan kapan durian ini berbuah. Yang pasti adalah durian merah hanya berbuah sekali dalam setahun.

Durian Parung
Saat ini, durian parung bisa ditemukan di daerah Darmaga, Bogor, dan Cilandak Barat, JakSel. Buah berbentuk bulat memanjang berwarna hijau keabuan. Daging tebal, berwarna kuning, berserat, dan tidak kering. Rasanya manis dan biji berukuran kecil.

Durian Matahari
Durian ini dari Cimahpar, Bogor. Daging kering, tebal dan kuning cerah. Tekstur daging lembut dan rasanya manis. Keunggulannya adalah tahan hama penyakit.

Durian Lay
Durian ini ditemukan di KalTim dan KalTeng. Dagingnya berwarna kuning tua dan rasa manis sedang serta beraroma lembut.

Durian Tanpa Sekat
Durian unik berasal dari Lombok, NTB. Karena tak ada sekat yang memisahkan isi buah, isi durian 10 % lebih banyak dari durian lain.

 Durian Tanpa Sekat

Duren Botak
Durian ini terlihat seperti kelapa karena tidak mempunyai duri. Durian ini juga dari Lombok NTB, berwarna kuning dengan rasanya gurih dan legit. Tekstur kering dan kulit yang tipis.

Durian Sunan
Berasal dari Boyolali, Jawa Tengah. Daging berwarna krem, tebal dan kering berlemak, berserat halus dengan aroma yang tajam dan rasa manis, duri kulitnya rapat dan panjang-panjang.

Loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 00:50

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.