MANFAAT KHAS ANEKA BUAH-BUAHAN

loading...
BUAH ALPUKAT
Kandungan nutrisi yang dikandung satu buah alpukat adalah sebagai berikut: 95 mg fosfor; 23 mg kalsium; 1,4 mg zat besi; 9 mg sodium; 1,3 mg potasium; 8,6 mg niacin; 660 mg vitamin A; dan 82 mg vitamin C.
Selain kaya lemak, buah alpukat juga kaya akan mineral yang kesemuanya berguna untuk mengatur fungsi tubuh dan menstimulasi pertumbuhannya. Zat besi dan tembaga yang terkandung di dalamnya membantu proses regenerasi darah merah dan mencegah anemia. Juga, kandungan serat secara simultan membantu proses pencernaan. Selain itu, ia dapat menurunkan kadar kolesterol yang tinggi karena mengandung karbohidrat dan lemak tak jenuh.Jika disimpulkan, berikut ini khasiat buah alpukat bagi kesehatan tubuh kita:
Sumber vitamin E dan B
Menurunkan kolesterol darah
Melembabkan kulit
Membantu regenerasi darah merah
Mencegah anemia
Mencegah konstipasi
Mencegah malnutrisi
Sumber kandungan lemak tak jenuh

BUAH JAMBU BIJI MERAH
Salah satu khasiat dari buah jambu biji merah yang cukup populer adalah untuk menambah kadar trombosit darah penderita demam berdarah. Bahkan, sejak zaman dulu orang sudah memanfaatkan buah ini untuk menjaga kekebalan tubuh karena kandungan vitamin C-nya yang cukup banyak.
Jambu biji merah juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit. Misalnya saja Diabetes Mellitus (DM). Penyakit yang banyak menghantui orang kota ini dapat disembuhkan dengan cara secara mengkonsumsi buah jambu biji merah, baik dengan cara dimakan langsung atau dijus terlebih dahulu. Itu semua berkat kandungan gula alamiah yang ada di dalam buah yang bisa tumbuh tanpa mengenal musim ini.

Beberapa khasiat buah jambu biji merah lainnya:
Menyembuhkan sakit perut atau diare. Caranya, makan sebutir buah jambu biji merah. Kunyah-kunyalah secara rutin hingga sembuh. Untuk diare, sebaiknya menggunakan buah yang masih muda. Apabila yang terserang diare adalah anak kecil / bayi yang masih menyusui, sang ibu bisa mengunyah buah jambu biji merah yang mentah dan menelan airnya (ampasnya dibuang).
Mengobati sariawan. Konsumsi buah jambu biji secara langsung atau dijus terlebih dahulu. Bisa juga dengan diparut dan direbus lalu diambil airnya untuk diminum


BUAH ANGGUR
Buah anggur memiliki banyak manfaat bagi kesehatan karena mengandung antioksidan dan serat yang tinggi sehingga dapat menjadi sumber energi yang menyegarkan dan berkhasiat mencegah penuaan dini. Selain itu, buah ini mengandung vitamin C, A, B (thiamin), E, dan K (kalium). Vitamin C, selain dapat menyehatkan gusi dan mulut (anti sariawan), juga mengandung aktioksidan yang dapat menjaga imunitas tubuh. Selain dagingnya, biji buah anggur sebenarnya tidak kalah berkhasiat karena mengandung pycnogenol, penguat kolagen untuk kelenturan pembuluh darah. Sedangkan kulitnya kaya akan zat flavonoid yang berfungsi antioksidan. Manfaat lain dari mengkonsumsi buah anggur adalah untuk mencegah kanker colon atau kanker usus besar karena kandungan antioksidan dan serat yang tinggi.

BUAH APEL
Khasiat dan manfaat dari buah apel:
1. Mengurangi resiko stroke.
Kalium merupakan mineral yang berfungsi untuk meningkatkan keteraturan denyut jantung, mengaktifkan kontraksi otot, mengatur pengiriman zat gizi ke sel-sel, mengendalikan keseimbangan cairan dalam jaringan dan sel tubuh, serta membantu mengatur tekanan darah. Menurut penelitian, satu porsi buah apel mampu menurunkan resiko terkena stroke hingga 40%.
Alternatif makanan berenergi bagi pelaku diet dan mengontrol penyakit kencing manis.
Pektin dapat membentuk gel dalam usus sehingga waktu yang dibutuhkan sisa makanan untuk bergerak dari mulut ke anus menjadi lebih lama dan seseorang menjadi lebih lama merasa kenyang. Selain itu, ia juga mampu memperlambat masuknya glukosa dari pencernaan karbohidrat ke aliran darah sehingga dapat mengontrol penyakit kencing manis.
2. Mengurangi resiko serangan jantung.
Pektin juga dapat mengikat berbagai zat, termasuk kolesterol, dan mengurangi penyerapan dari saluran usus. Bentuk serat ini dapat menurunkan tingkat kolesterol darah. Menurut penelitian, kadar pektin pada apel dapat menurunkan kandungan kolesterol LDL hingga 10% serta menurunkan kandungan kolesterol HDL hingga 20%, dimana keduanya merupakan penyebab serangan jantung.
3. Membersihkan gigi.
Rasa renyah apel dapat membantu melepaskan bahan-bahan yang lengket di gigi, sekaligus memicu pengeluaran air liur, sehingga mampu membersihkan gigi.

BUAH BELIMBING MANIS
Buah belimbing manis memiliki khasiat sebagai antipiretik dan ekspektoran, sehingga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi batuk pada anak-anak. Buahnya yang mengandung banyak vitamin C memiliki manfaat sebagai antiinflasi, analgesik, dan diuretik, sehingga baik untuk penyembuhan batuk, sariawan, sakit tenggorokan, mengatasi demam, hingga mengatasi masalah kencing manis, dan kolesterol. Kandungan vitamin C-nya yang tinggi juga baik untuk dikonsumsi penderita penyakit kanker. Akar belimbing manis juga berkhasiat untuk menyembuhkan sakit kepala dan nyeri persendian. Sedangkan daunnya dapat digunakan untuk mengatasi radang lambung, radang kulit bernanah, dan bisul.

Meski banyak memberi manfaat, bagi penderita penyakit ginjal harus berhati-hati dengan buah ini karena ia mengandung banyak asam oxalic yang berbahaya bagi mereka

BELIMBING WULUH

Khasiat dari buah dan daun belimbing wuluh:
1. Sakit Gondongan
Ambil setengah genggam daun belimbing wuluh dan tumbuk bersama dengan 3 bawang putih. Kompreskan pada bagian yang gondongan.

2. Obat Batuk
Di sini ada dua cara. Yang pertama, rebus daun, bunga, dan buah belimbing wuluh dalam jumlah yang sama dalam air yang mendidih selama setengah jam. Minum airnya. Sedang untuk cara kedua, ambil segenggam daun belimbing wuluh, segenggam bunganya, serta dua buah belimbing wuluh. Rebus dengan 2 gelas air bersama gula batu hingga airnya sisa setengah. Saring dan minum 2 kali sehari.

3. Diabetes
6 buah belimbing wuluh dilumatkan lalu direbus dengan segelas air hingga sisa separuhnya. Saring dan minum dua kali sehari.

4. Rematik
Cuci segenggam daun belimbing wuluh. Tumbuk sampai halus dan tambahkan kapur sirih lalu gosokkan ke bagian yang sakit.

5. Sariawan
Rebus 10 kuntum bunga belimbing wuluh, asam jawa, dan gula aren dengan 3 gelas air hingga airnya tersisa 3/4 bagian. Saring lalu minum dua kali sehari.

6. Sakit Gigi
Cuci 5 buah belimbing wuluh lalu kunyah dengan garam. Ulangi beberapa kali sampai hilang rasa sakitnya.

Perhatian: bagi penderita sakit maag sebaiknya TIDAK mengkonsumsi belimbing wuluh.


BUAH BENGKOANG
Manfaat buah bengkoang antara lain:

Penangkal biang keringat
Potong ubi jalar dan bengkoang diparut secukupnya. Tambahkan air pada hasil parutan dan aduk merata. Peras adonan parutan tersebut seperti halnya Anda sedang membuat santan. Biarkan air perasan tersebut selama beberapa menit hingga ampasnya mengendap. Hasil endapan ampas tersebut akan berubah menyerupai tepung. Selanjutnya, oleskan tepung endapan ampas tersebut pada daerah kulit Anda yang terkena biang keringat. Lakukan rutin setiap malam hari hingga biang keringatnya hilang sama sekali.

Setara kedelai dalam menghambat proses penuaan
Dari hasil penelitian, 30 responden yang diberi kapsul berisi ekstrak isoflavon kedelai tempe selama tiga bulan ternyata memiliki kulit yang lebih kenyal dibanding kelompok kontrol yang tidak diberi ekstrak isoflavon. Hormon ekstrogen yang terdapat dalam isoflavon kedelai tersebut dapat menghambat penuaan secara alami, murah, dan juga mudah. Nah, ternyata selain pada kedelai, isoflavon ini juga terdapat pada bengkoang.

Selain untuk menghambat penuaan, isoflavon juga berkhasiat untuk mencegah kanker prostat pada kaum laki-laki,menyembuhkan bisul

Untuk berbagai keperluan kecantikan diantaranya:menghilangkan flek hitam bekas jerawat, masker wajah, Lulur saat mandi

BUAH DURIAN
Hemmm... siapa yang tak kenal buah yang satu ini, rupanya buah ini menjadi buah favorit musiman yang selalu dicari oleh para penikmat buah. Selain rasanya yang nikmat ternyata buah ini banyak mengandung manfaat diantaranya :
Buah durian memiliki manfaat mineral alamiah yang mudah dicerna oleh tubuh kita. Durian juga mengandung fosfor dan zat besi yang 10 kali lebih banyak dari buah pisang (mas, ambon, dan beranga). Tapi karena kandungan mineralnya yang tinggi, terutama kalsium dan zat besi, durian dapat menjadi penyebab masalah pada pergerakan usus besar. Bagi yang memiliki riwayat darah tinggi, disarankan untuk tidak mengkonsumsi buah ini bersama dengan alkohol karena dapat menyebabkan stroke. Selain itu, disarankan untuk banyak minum air putih sebelum dan sesudah makan durian untuk menghindari dehidrasi.

BUAH DUKU
Kandungan kimia yang terdapat pada buah duku antara lain
Setiap 100 gram buah duku mengandung kalori 7o kal, protein 1.0 gram, lemak 0,2 gram, karbohidrat 13 gram, mineral 0,7 gram, kalsium 18 mg, fosfor 9 mg dan zat besi 0,9 mg. Untuk kandungan kalori, mineral dan zat besi duku setingkat lebih tinggi dibandingkan dengan buah apel atau jeruk manis.

Manfaat buah duku
Mengandung dietary fiber atau serat yang bermanfaat untuk memperlancar sistem pencernaan, mencegah kanker kolon dan membersihkan tubuh dari radikal bebas penyebab kanker.
Selain daging buah yang segar menyehatkan, bagian kulit buah dan bijinya juga bermanfaat untuk bahan baku obat anti diare dan menurunkan demam.
Kulit kayunya juga dapat digunakan untuk mengobati gigitan serangga berbisa dan obat disentri.
Sebagian orang juga percaya, benalu pohon duku dapat mengobati dan membasmi sel-sel kanker.

BUAH JAGUNG MUDA
Beberapa jenis penyakit yang dipercaya dapat disembuhkan oleh Air rebusan tongkol dan rambut jagung muda ini adalah: batu ginjal, batu empedu, dan tekanan darah tinggi.

Berikut ini bahan-bahan dan cara membuatnya:

Untuk Penyakit Batu Ginjal
Siapkan jagung muda 4 tongkol, rambut jagung 1 gegam, daun keji beling segar 8 helai. Semua bahan direbus dalam 110 mili liter air. Air rebusan dimunim sehari sekali selama 14 hari. Setelah batu keluar, baik berupa kerikil, butiran maupun buih, pengobatan harus segara dihentikan, kemudian diteruskan dengan minum jamu kumis kucing dan meniran. Caranya, ambil masing-masing 30 gram daun meniran dan daun kumis kucing, diseduh seprti teh.

Untuk Penyakit Batu Empedu
Ambil jagung muda 5 tongkol, herbal kumis kucing segar 5 gram. Semua bahan direbus dengan 110 mili liter air. Air rebusan diminum sehari sekali, selama 14 hari.

Untuk Penyakit Darah Tinggi
Siapkan jagung muda 5-7 tongkol dan rambut jagung 1 genggam. rebus semua bahan dengan 110 mili liter air. Minum air rebusan sehari sekali selama 7 hari.

Yang perlu diperhatikan, jangan terlalu banyak menggunakan rambut jagung sebagai obat, karena dapat menurunkan tekanan darah secara drastis dalam waktu singkat.

JERUK MANIS
Kandungan senyawa dalam jeruk manis yang kaya vitamin C, potassium, dan folid acid, dapat berfungsi untuk menghambat sel-sel kanker. Selain kaya serat, buah berwarna kuning ini juga mengandung hesperidin yang mampu menurunkan resiko penyakit jantung, mencegah kolesterol, serta menurunkan tekanan darah. Dalam satu buah jeruk manis ukuran sedang terdapat 16 gram karbohidrat yang mengandung 70 kalori. Karbohidrat ini penting sebagai sumber energi tubuh, terutama untuk otak.

Nilai serat dalam sebuah jeruk manis setara dengan 12 persen yang dibutuhkan per hari. Fungsi serat jelas sangat penting antara lain membantu proses pencernaan. Serat dalam jeruk manis bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan juga menurunkan resiko penyakit jantung.

Kandungan lain dalam buah ini dapat mempengaruhi aktivitas enzim Glutatione S-Transferase (GTS), untuk menghambat terjadinya kanker, bekerjasama dengan senyawa limonoida seperti limonin dan nomilin. GTS sendiri merupakan enzim utama sistem detoksifikasi yang dapat menetralkan karsinogen.

Wanita disarankan untuk mengkonsumsi buah ini karena kandungan lycopene yang ada di dalamnya dapat mencegah penyakit kanker payudara. Bagi ibu hamil, jeruk manis dapat mengurangi resiko bayi lahir cacat. Sedangkan bagi anak-anak, kandungan flavonoids di dalamnya dapat menjadi sel imun dan antibodi yang berguna untuk kekebalan tubuh agar tidak mudah terserah flu dan pilek. Oleh karena itu, sering-seringlah memberikan minuman jeruk peras pada anak Anda agar asupan vitamin yang ada dalam jeruk manis bisa terpenuhi. Sekedar informasi, jangan terlalu sering memberikan minuman jeruk manis instan kemasan kotak atau sachet karena mengandung bahan pewarna dan pengawet, yang bila terlalu sering dikonsumsi dalam jangka panjang akan menimbulkan sel kanker. Bahaya, kan?

Beberapa khasiat buah jeruk manis lainnya di antaranya:
Dapat memperbaiki jaringan sel-sel kulit yang mati sehingga bagus untuk kulit.
Dagingnya apabila dimakan dapat mengurangi panas perut, menyembuhkan penyakit empedu, serta penyakit wasir.
Mengandung kadar gula dan vitamin C yang tinggi sehingga dapat meningkatkan pertahanan tubuh, mengobati panas dalam, dan menyembuhkan sariawan.
Berdasarkan penelitian, mengkonsumsi satu buah jeruk manis setiap hari dapat menekan resiko stroke hingga 19%. Merupakan sumber enzim pektin yang berfungsi menurunkan LDL (kolesterol jahat), memperkecil penyumbatan pembuluh darah dan memperkecil resiko serangan jantung.
Apabila biji jeruk manis direndam dalam air hangat dan diminum dapat menetralisir bisa (racun) yang mematikan. Apabila diletakkan pada pakaian, kulit jeruk dapat mencegah ngengat atau tunggau. Aromanya pun bisa menetralisir udara kotor. Selain itu, apabila ditahan di mulut bisa mengharumkan atau mengurangi bau mulut tak sedap. Apabila digunakan sebagai campuran makanan dapat membantu proses pencernaan. Perasan kulit jeruk dapat digunakan sebagai pembalut luka. Selain itu abu dari kulitnya merupakan obat gosok yang baik terhadap lepra.
Merupakan sumber alami asam folik yang mengurangi resiko wanita hamil melahirkan bayi dengan down syndrome. Asam folik juga membantu mencegah penyakit fatal yang berkaitan dengan usia, seperti penyakit jantung dan alzheimer.
Sari jeruk manis bermanfaat untuk menyembuhkan gangguan pendarahan karena wasir, menyembuhkan demam, mengurangi keasaman darah, memperlancar pembentukan air seni, serta mengatur pengeluaran cairan empedu. Air jeruk manis yang ditambah dengan sedikit lada dan garam bermanfaat mengobati gangguan pencernaan. Sementara itu, air jeruk manis yang ditambah sedikit garam dan madu berkhasiat mengatasi gangguan bronkhitis, asma, tubercolosis (TBC), dan masuk angin.
Kulit jeruk manis berkhasiat melembutkan kulit dan mengusir bintik hitam pada raut wajah. Caranya, rebus kulit jeruk hingga mendidih, lalu saring. Minum airnya dalam kondisi hangat segelas per hari selama 3 bulan


BUAH KIWI
Buah yang berasal dari China namun lebih banyak dihasilkan di Selandia Baru ini, memiliki nama kimia Actinidia deliciosa. Buah ini di negara asalnya dikenal dengan nama Chinese gooseberry memiliki bentuk yang khas, yakni oval, dengan kulit berbulu dan berwarna coklat.

Kandungan yang terdapat dalam buah kiwi:
Serat, Vitamin C, Vitamin E, Potasium, Asam Folat, Carotenoid, Kalsium, Fosfor, Magnesuim, Selenium, Tembaga, Zat Besi, Seng, Antioksidan lainnya yang cukup tinggi, Glicaemik Index (GI), Lemak dan Kolesterol yang rendah

Manfaat buah kiwi:
- Dapat meningkatkan kekebalan tubuh, karena banyak mengandung vitamin dan mineral.
- Mencegah cacat tulang belakang pada bayi
- Mendorong perkembangan otak dan kognitif anak-anak
- Menjaga kondisi tekanan darah dan kesehatan jantung
- Menjaga sistem pencernaan dan kesehatan pengelihatan, yang biasanya menurun karena faktor usia.

BUAH KURMA
Selain rasanya manis alami, buah ini juga memiliki kandungan protein serta serat tinggi yang berfungsi untuk melunakkan usus. Lebih istimewanya lagi, buah kurma juga dapat menurunkan resiko terkena stroke berkat kandungan kalium yang ada di dalamnya.Sebagian besar umat muslim, buah kurma merupakan salah satu buah yang penting untuk dikonsumsi saat berbuka puasa

Menurut pakar penyakit darah tinggi dari Minnesota University, Dr. Louis Tobian Jr., kurma dapat menurunkan tekanan darah serta bisa memberi kekuatan tambahan untuk mencegah stroke secara langsung, bagaimanapun kondisi tekanan darah seseorang. Keunggulan lainnya, kurma mengandung berbagai vitamin penting, seperti vitamin A dan riboflavin dalam jumlah yang cukup, serta niasin dan kalium dalam jumlah yang banyak. Selain itu, buah ini juga memuat zat besi, vitamin B1, serta asam nikotinat yang berfungsi membantu melepaskan energi dan menjaga kulit serta syaraf agar tetap sehat.

Beberapa khasiat kurma lainnya adalah: menjaga kesehatan jantung dan menyembuhkan batuk apabila dikonsumsi dalam bentuk jus karena zat gula yang terkandung di dalamnya mampu menghilangkan gatal-gatal di tenggorokan sekaligus menghentikan batuk


BUAH LENGKENG
Daging buah lengkeng mengandung sukrosa, glukosa, protein, lemak, vitamin A, vitamin B, asam tartarik dan senyawa-senyawa kimia tumbuhan (fitokimia) lainnya yang berguna bagi kesehatan. Kombinasi dari senyawa-senyawa fitokimia ini memiliki berbagai manfaat, di antaranya adalah mengendurkan syaraf. Oleh sebab itu buah lengkeng memberikan efek penenang dan berkhasiat mengatasi gelisah, susah tidur. Selain itu bermanfaat menyehatkan jantung dan bisa mengobati jantung berdebar keras. Buah lengkeng sangat baik dikomsumsi oleh orang-orang yang dalam pemilihan stamina sehabis sakit karena dapat memperkuat limpah, meningkatkan produksi darah merah, menambah nafsuh makan dan menambah tenaga.

Buah lengkeng berguna pula menyehatkan usus dan memperbaiki proses penyerapan makanan, melancarkan buang air kecil, mengatasi cacingan, mengobati sakit kepala, keputihan dan hernia. Sedangkan akar pohon lengkeng berkhasiat sebagai peluruh kencing dan melancarkan sirkulasi darah. Daun dari pohon lengkeng berkhasiat sebagai antiradang dan peredam demam. Adapun bijinya berguna untuk menghilangkan rasa sakit dan menghentikan pendarahan. Karena bijinya mengandung senyawa saponin yang dapat menghasilkan busa dalam jumlah banyak, maka juga dimanfaatkan sebagai bahan pembuat shampo pencuci rambut.

BUAH MANGGA
alaupun bentuk, ukuran, warna, dan citarasa buah mangga beragam, namun dari segi gizi semuanya hampir tidak jauh berbeda. Mangga segar mengandung air sekitar 82%, vitamin C, dan energi / kalori. Energi dalam mangga muda rendah karena lebih banyak mengandung zat pati, yang akan berubah menjadi gula dalam proses pematangan.

Sebagian besar energi mangga berasal dari karbohidrat berupa gula, yang membuatnya terasa manis. Kandungan gula ini didominasi oleh gula golongan sukrosa. Kandungan gula dalam mangga berkisar 7-12%. Namun jenis mangga manis dapat mencapai 16-18%.

Selain rasanya yang manis dan segar, buah mangga ternyata memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Misalnya saja dapat menyembuhkan penyakit influenza, menambah nafsu makan, menyembuhkan luka pada kulit, radang tenggorokan atau batuk, dan banyak penyakit lainnya. Ini disebabkan kandungan zat-zat di dalamnya yang bagus untuk tubuh. Termasuk vitamin A, C, dan E yang bagus untuk keremajaan kulit dan mencegah kanker.

Selain itu ada asam galat yang sangat baik buat pencernaan. Ada pula kandungan riboflavin yang baik untuk menjaga kesehatan mata, mulut, dan tenggorokan. Tentunya masih banyak lagi zat-zat yang bermanfaat bagi tubuh, jika dikonsumsi dalam jumlah yang memadai.

BUAH MANGGIS
Beberapa manfaat buah manggis:
Mencegah penyakit yang mematikan, buah manggis memiliki kandungan zat xanthones yang bermanfaat untuk mengatasi penyakit-penyakit yang mematikan seperti kanker, diabetes, jantung, arthritis, alzheimer, dan lainnya. Zat xanthones yang di hasilkan manggis dapatmenghindarkan berbagai penyakit yang disebabkan peradangan, seperti artritis dan alzheimer (merupakan salah satu penyakit disfungsi otak). Selain itu xanthone juga bermanfaat mencegah pertumbuhan sel kanker dan tumor. Kulit buah manggis juga multi khasiat yaitu antikanker, antioksi dan mujarab mengatasi jantung koroner, HIV, dan sebagainya. Ekstrak kulit manggis bersifat antiproliferasi untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu ekstrak tersebut juga bersifat apotosis penghancur sel kanker. Kandungan zat xanthone yang terdapat padanya mampu merawat beberapa jenis penyakit kanker seperti kanker hati, pencernaan, paru-paru dan sebagainya. Xanthone dalam kulit manggis juga ampuh mengatasi penyakit tuberkulosis (TBC), asma, leukimia, antiinflamasi, dan antidiare.
Menghilangkan rasa sakit, seorang dokter di Amerika Serikat mengaku telah mengganti obat-obatan penghilang rasa sakit yang diderita di lehernya dengan mengkonsumsi buah manggis secara rutin. Buah manggis juga berkhasiat mengurangi rasa sakit.
Melawan radikal bebas, buah manggis mengandung catechins yang terbukti lebih efektif dan lebih berdaya guna dibandingkan vitamin C atau vitamin E dalam melawan radikal bebas yang ada di dalam tubuh kita. Dokter Frederc Templeman yang menulis buku “A Doctor Challenge, A Mangosteen Solution” menyarankan mengkonsumsi buah manggis setiap hari sebagai makanan suplemen, akan mendapatkan zat antioksidan lebih banyak dibandingkan suplemen manapun yang ditawarkan dalam obat-obatan. Selain itu kandungan alpha-mangostin dan gamma-maostin pada buah manggis juga bersifat sebagai antibakteri. Alpha-magodtin juga diketahui mempunyai efektivitas yang sama baiknya dengan antibiotika yang berada di pasaran seperti amphicillin dan minocycline.
Mengurangi tekanan darah tinggi, hypertensi atau tekanan darah tinggi juga terjadi karena adanya gangguan pada pembuluh darah, dan resiko terhadap penyakit jantung dan stroke. Buah manggis bisa mengatasi hal tersebut, terutama untuk menormalkan berat badan

BUAH MELON
Beberapa vitamin dan mineral yang dikandung melon di antaranya protein, kalsium, fosfor, vitamin A, vitamin B, dan vitamin C. Kandungan mineral ini mampu menghilangkan keasaman tubuh yang perlu dihilangkan karena dapat mengganggu pencernaan, khususnya pada organ lambung. Ia juga mampu menyembuhkan sembelit. Selain itu, kandungan antikoagulan yang disebut adenosine mampu menghentikan penggumpalan sel darah yang dapat memicu timbulnya penyakit stroke atau jantung. Sedang kandungan karotenoid yang tinggi pada buah ini dapat mencegah kanker dan juga menurunkan resiko serangan kanker paru-paru.

Buah melon juga memiliki daya diuretik yang sangat baik sehingga bisa menyembuhkan penyakit ginjal dan penyakit eksim yang parah dan akut. Jika dikombinasikan dengan buah lemon, maka melon dapat menumpas asam urat.

BUAH MENTIMUN
Mentimun ternyata memiliki beragam khasiaat. Buahnya dapat digunakan untuk mengobati penyakit disentri dan pening / pusing / demam. Sedangkan bijinya memiliki racun alkaloid jenis hipoxanti yang dapat mengobati anak-anak yang menderita cacingan serta sakit tenggorokan. Selain itu, mentimun juga bermanfaat untuk menghilangkan jerawat, mengatasi sariawan, menurunkan tekanan darah tinggi, dan membersihkan ginjal.
Satu biji buah mentimum sendiri mengandung 0.65% protein, 0.1% lemak, 2.2% karbohidrat, kalsium, zat besi, magnesium, fosforus, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C.

Berikut ini cara-cara pengobatan penyakit dengan menggunakan buah mentimun:
Untuk pengobatan tekanan darah tinggi, parut buah mentimun dan peras airnya, kemudian diminum. Lakukan 2-3 kali sehari.
Untuk pengobatan sariawan, makanlah 9 buah mentimun setiap hari secara rutin.
Untuk membersihkan ginjal, parut buah mentimun dan peras airnya. Minum sedikit demi sedikit hingga lambung terbiasa menerima cairan mentimun. Lakukan secara rutin.
Untuk demam, parut buah mentimun dan letakkan hasil parutannya di atas perut.
Untuk jerawat, cuci dan iris kecil-kecil buah mentimun, lalu letakkan irisannya di atas bagian wajah yang berjerawat.

BUAH SEMANGKA 
Daging buahnya sendiri rendah kalori dan mengandung air, protein, karbohidrat, lemak, serat, abu, vitamin (A, B, dan C), asam amino, sirulin, asam aminoasetat, asam malat, asam fosfat, arginin, betain, likopen, karoten, bromine, natrium, kalim, silvit, lisin, fruktosa, dekstrosa, dan sukrosa. Sitrulin dan arginin berperan dalam pembentukan urea di hati dari amonia dan CO2 sehingga keluarnya urin meningkat. Kandungan kaliumnya cukup tinggi, dapat membantu kerja jantung dan menormalkan tekanan darah.

Biji semangka kaya zat gizi dengan kandungan minyak berwarna kuning, protein, sitrulin, vitamin B12, dan enzim urease. Senyawa aktif kukurbositrin pada bijinya dapat memacu kerja ginjal dan menjaga tekanan darah agar tetap normal.
Buah semangka dipercaya berasal dari daerah tropik dan subtropik Afrika, tepatnya di gurun Kalahari. Menurut penelitian, buah ini pertama kali dipanen 5.000 tahun lalu di Mesir. Menurut kepercayaan nenek moyang saat itu, semangka dipakai untuk penguburan raja-raja agar rohnya mendapat nutrisi di alam baka. Dari sanalah semangka dibawa keliling ke negara-negara di dunia, termasuk Indonesia. Karena mudah tumbuh, baik di dataran rendah maupun dataran tinggi (sekitar 1,000 meter di atas permukaan laut), buah ini kini dapat ditemui dimana-mana. Termasuk di tepi jalan, padang belukar, pantai, atau di kebun dan pekarangan rumah.

Jika Anda sedang berdiet, maka semangka adalah teman baik Anda. Buah ini bebas lemak dan memiliki kombinasi kadar gula terbatas dan kadar air yang berlimpah. Apalagi, buah yang satu ini bersifat cepat mengenyangkan di dalam lambung. Bagi yang sedang bermasalah dengan berat badan tentu ini jadi kabar yang baik.
Bukan itu saja. Semangka juga sangat baik bagi pengidap hipertensi. Kandungan air dan kalimnya yang tinggi bisa menetralisi tekanan darah. Selain itu, semangka bermanfaat untuk mempergiat kerja jantung. Antioksidannya termasuk betakaroten dan vitamin C membantu sel-sel tubuh tetap sehat. Buah ini juga berfungsi untuk merangsang keluarnya air seni lebih deras, sehingga sangat baik untuk mereka yang mengalami gangguan buang air kecil.
Salah satu khasiat buah semangka yang mungkin sangat berguna adalah sebagai antikanker. Ini karena adanya kandungan likopen dalam semangka, yang mampu menangkal radikal bebas dan menumpas bibit kanker dalam tubuh. Jadi, banyak-banyakan makan buah ini setiap hari pun tak masalah. Justru dengan mengkonsumsinya, resiko kanker mulut rahim dan kanker pankreas pada wanita terbukti berkurang. Terhadap kanker pencernaan, likopen dalam buah semangka mampu mencegah hingga resikonya berkurang separuh. Seperti kanker rongga mulut, kanker kerongkongan, kanker lambung, kanker usus besar, hingga kanker anus. Begitu pula dengan kanker prostat.
Selain untuk kanker, zat likopen berguna untuk membuat wajah tampak bercahaya, segar, dan lebih muda.

Beberapa manfaat buah semangka lainnya, di antaranya:
Menurunkan demam dan mencegah sariawan
Mendinginkan / menyejukkan tubuh saat cuaca panas, peluruh kencing (diuretic), anti radang, pelumas usu, dan menghilangkan haus
Obat ‘summer heat‘ (gejala penyakit yang ditandai dengan banyak keringat, rasa haus, suhu tubuh meningkat, warna urin jernih, diare, dan mudah marah) pada pengobatan tradisional Cina,
Bagi pria: meningkatkan kesuburan dan membantu membangkitkan gairah seksual pria
Bagi lansia: memulihkan gangguan kesehatan lebih cepat dan meningkatkan kemampuan mental dan ketajaman daya ingat


BUAH NAGA
Buah naga atau yang biasa juga disebut dragon fruit atau thang-loy memiliki nama kimia Hylocereus undatus. Buah ini dihasilkan tanaman sejenis kaktus, memiliki salur batang yang tumbuh menjalar. Batangnya berwarna hijau dengan bentuk segi tiga. Tanaman ini bisa diperbanyak dengan cara setek atau menyemai biji. Sekilas rasa buah naga seperti buah kiwi, kombinasi antara manis, asam dan segar. Buah naga bisa dikonsumsi dalam bentuk buah segar, diolah menjadi puding, isi pai, campuran salad atau es buah. Buah ini menurut pakar kesehatan, kaya dengan vitamin dan mineral yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, zat makanan yang terkandung di dalam buah naga juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan menghilangkan penyakit pencernaan.

Kandungan yang terdapat dalam buah naga: Vitamin C, Beta karoten, Kalsium, Karbohidrat, Kadar serat yang tinggi, yang berfungsi sebagai pengikat zat karsinogen penyebab kanker dan memperlancar proses pencernaan.

Beberapa khasiat buah naga:
- Mengobati kanker, tumor, sakit mata, asam urat, dan jantung.
- Menyembuhkan rematik.
- Penyeimbang kadar gula darah.
- Pengontrol kolesterol.
- Menguatkan ginjal dan tulang.
- Menajamkan penglihatan.


BUAH PEPAYA 
Buah pepaya memiliki banyak kandungan alami yang bermanfaat bagi tubuh. Bukan hanya buahnya saja yang dapat dimanfaatkan, namun hampir dari seluruh bagian dari pohon pepaya dapat dimanfaaatkan. Mulai dari akar, batang, daun, buah, kulit pohon, bahkan getahnya mempunyai khasiat yang berguna bagi tubuh. Buah pepaya juga kaya akan kandungan penting seperti karbohidrat, lemak, protein, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, kalsium, fosfor, zat besi, dan serat.

Manfaat buah pepaya:
Obat pencernaan, enzim pengurai protein pepaya, dapat membantu pencernaan dalam tubuh. Selain membantu pengeluaran dalam saluran usus dan pankreas, pepaya juga mengurangi getah lambung dan mengurai protein serta pati. Sehingga setelah mengonsumsi buah ini, sistem pencernaan tubuh akan semakin baik.
Antibodi, pepaya mengandung karoten dan vitaminC. dengan dua zat tersebut, pepaya berkemampuan sebagai antioksidan dalam tubuh. Selain itu, pepaya dapat memperbaiki jaringan dan menetralisir racun yang masuk. Sehingga dapat mencegah dan mengobati beberapa virus akut seperti pneumonia atau radang paru-paru.
Obat luka bakar, getah buah pepaya mampu membunuh bakteri dalam luka bakar. Sehingga, kandungan zat asam atau nitrogen akibat perkembangbiakan bakteri dapat dihambat. Jadi dapat mempercepat proses pemulihan luka yang kita alami.
Mengencangkan payudara, buah pepaya sejak dulu oleh nenek moyang kita dipercaya sebagai buah yang dapat mengencangkan payudara. Enzim di dalam buah pepaya dapat membantu pertumbuhan payudara sehingga lebih kencang dan kenyal. Pepaya juga diperkaya dengan hormn pengencang serta vitamin A yang merangsang indung telur mengeluarkan hormon betina. Dari hormon tersebut, kelenjar susu akan lancar dan bentuk payudara semakin ideal.
Pelangsing tubuh, pepaya juga berkhasiat menguruskan tubuh. Dengan rajin mengkonsumsi pepaya muda dapat menghasilkan enzim dua kali lipat dari pepaya matang. Enzim tersebutlah yang berperan sebagai pengurai lemak dalam tubuh kita. Enzim ini juga mengurai protein lebih baik serta melenyapkan daging berlebih.
Awet muda, kadar vitamin C dalam pepaya adalah 48 kali lipat dari buah apel. Pepaya juga aktif sebagai detoksifikasi sehingga dapat menyegarkan kulit dari dalam. Pepaya juga dapat mendorong proses metabolisme kulit. Buah pepaya juga melumerkan lapisan kulit dan zat tanduk penuaan yang timbul di pori-pori, sehingga kulit lebih kencang dan cerah. Oleh karena itu mulai sekarang rajin-rajinlah membuat masker dari buah pepaya.


BUAH PIR
Manfaat mengkonsumsi buah pir:
Buah pir tergolong tanaman yang memiliki nilai gisi yang cukup baik, diantaranya adalah kalium, serat pangan (dietary fiber), vitamin C, vitamin K dan tembaga. Menurut The George Mateljan Foundation (2006), kandungan serat pangan pada buah pir termasuk dalam kategori baik. Mengkonsumsi satu buah pir memenuhi 19,8 persen kebutuhan tubuh akan serat pangan setiap hari.

selain untuk menurunkan kadar kolesterol, kandungan serat pangannya sangat berguna untuk sistem pencernaan. Konsumsi serat dalam jumlah yang cukup sangat baik untuk mengatasi sembelit dan aman untuk lambung yang sensitif atau radang usus. kandungan serat dan tembaga pada buah pir juga dapat mencegah terjadinya kanker kolon. Kandungan serat yang tinggi menjadikan buah pir sangat baik bagi penderita diabetes.

Buah pir merupakan sumber vitamin C yang baik. Konsumsi stu buah pir setiap hari memenuhi 17 persen kebutuhan tubuh akan vitamin C setiap hari. Vitamin C dikenal sebagai senyawa utama tubuh yang dibutuhkan dalam berbagai proses penting, mulai dari pembuatan kolagen, pengangkut lemak, pengangkut elektron dari berbagai reaksi enzemik, pemacu gusi yang sehat, pengatur tingkat kolesterol, serta pemacu imunitas. Selain itu, vitamin C sangat diperlukan tubh untuk penyembuhan luka dan meningkatan fungsi otak agar dapat bekerja maksimal.
Kandungan vitamin K pada buah pir juga cukup baik. Konsumsi satu buah pir memenuhi 15 persen kebutuhan tubuh akan vitamin K setiap hari. Vitamin K sangat berguna untuk membantu proses pembekuan darah. Vitamin K mempunyai potensi dalam mencegah penyakit serius, seperti penyakit jantung dan stoke, karena efeknya yang dapat mengurangi pengerasan pembuluh darah oleh faktor timbunan plak kalsium.

Pir mempunyai sejumlah manfaat yang berguna untuk menjaga kesehatan. selain kandungan gizi yang tinggi, buah pir juga mengandung senyawa-senyawa yang esensial bagi tubuh. Buah pir mengandung asam klorogenat (chlorogenic acid) yang merupakan salah satu bagian dari asam hidroksi sinamat (hydroxy cinnamic acid),. asam hidroksi sinamat ini berperan sebagai antioksidan yang dapat membendung pembentukan sel kanker. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa asam tersebut juga mampu mencegah pertumbuhan bakteri Shigella sonnei, yang menjadi penyebab penyakit pada saluran pencernaan.Asam hidroksi sinamat juga dapat mencegah terjadinya kanker kolon. Kemampuan tersebut dimiliki karena asam itu dapat mengikat nitrat di dalam perut, sehingga menghambat terbentuknya nitrosamin. Nitrosamin merupakan senyawa karsinogenik (penyebab kanker) yang sangat potensial di dalam tubuh.

PISANG 
Beberapa penelitian tentang buah pisang menyebut jika buah pisang bisa membantu dalam mengatasi depresi, anemia, tekanan darah, membantu energi dalam otak, menyembuhkan sembelit, sakit jantung, urat syarat, dan masih banyak lagi. Buah pisang juga menjadi sumber penyedia protein dalam gula alami yang mudah diserap oleh tubuh. Kandungan vitamin B2 yang besar dalam buah ini memungkinkan adanya penambahan tenaga atau energi yang dijadikan andalan dalam susunan makanan yang bertujuan menghidupkan dan menyelaraskan kehidupan. Di samping menambah tenaga, vitamin ini juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan mata dan kulit.
Pisang juga mengandung karbohidrat. Namun uniknya, karbohidrat di sini tidak bisa tersimpan dalam badan manusia, sehingga meski mengkonsumsi dalam jumlah banyak tidak akan menyebabkan berat badan bertambah. Jadi tidak perlu takut gemuk gara-gara banyak makan buah ini.
Buah pisang mentah pun tidak kalah hebatnya. Penelitian mengungkapkan pisang adalah satu-satunya buah yang bila dimakan mentah bisa menyembuhkan penyakit luka lambung dan menurunkan tekanan darah tinggi. Manfaat lainnya adalah mengantisipasi keasaman lambung dan cocok bagi penderita gizi buruk.
Secara umum, kandungan gizi yang terdapat dalam setiap buah pisang matang adalah sebagai berikut: kalori, protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, besi, vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan air. Jadi dengan mengkonsumsi buah ini secara tidak langsung sudah tercukupi gizinya. Dalam memilih buah pisang, pilihlah yang sudah matang, dengan kulit berwarna hijau kekuning-kuningan dengan bercak coklat atau kuning, sebab ini akan mudah dicerna dan gula buah diubah menjadi glukosa alami secara cepat diabsorbsi ke dalam peredaran darah, pisang yang mentah akan sulit dicerna.

BUAH SALAK
Salak merupakan salah satu buah tropis yang banyak diminati oleh orang Jepang, Amerika, dan Eropa. Buah ini memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi dan dapat dikonsumsi sebagai buah segar maupun diolah sebagai manisan. Daging buah ini mengandung kalsium, tanin, saponin, dan flavonoida.Salah satu manfaat dari buah salak adalah sebagai obat mencret. Caranya cukup dengan mengkonsumsi 20 gram daging buah yang masih muda.

BUAH SIRSAK 
Buah sirsak yang di kenal juga dengan nama nangka sabrang, nangka londo atau di pulau Bali di sebut sebagai srikaya Jawa ini memiliki nama latin Annona muricata. Buah sirsak selain enak di makan, ternyata juga memiliki banyak kandungan obat.

Manfaat buah sirsak untuk pengobatan:
Ambeien, ambil buah sirsak yang sudah masak. Peras untuk diambil airnya sebanyak 1 gelas, diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.
Sakit kandung air seni, siapkan buah sirsak setengah masak, gula dan garam secukupnya. Semua bahan tersebit dimasak dibuat kolak. Dimakan biasa, dan dilakukan secara rutin setiap hari selama 1 minggu berturut-turut.
Bayi mencret, siapkan buah sirsak yang sudah masak. Peras dan saring untuk di ambil airnya, diminumkan pada bayi yang mencret sebanyak 2-3 sendok makan.
Anyang-anyangen, ambil sirsak stengah masak dan gula pasir secukupnya. Kupas sirsak dan rebus dengan gula bersama dengan air sebanyak 2 gelas, disaring dam diminum.
Sakit pinggang, 2o lembar daun sirsak direbus dengan 5 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 3 gelas. Diminum 1 kali sehari 3/4 gelas.
Untuk menghilangkan kebiasaan merokok, bagi Anda perokok berat dan sudah berbagai cara menghilangkannya tapi belum bisa juga, maka cobalah: ambil sirsak yang telah masak/matang sepanjang 5 cm. Makanlah tiap pagi secara berkesinambungan sampai kebiasaan merokok Anda hilang.
Untuk penyakit asma atau sesak nafas, siapkan 7 daun sirsak yang dibuat sarang oleh semut-semut rang-rang. Kemudian remas dan tampung airnya hingga mencapai kurang lebih setengah gelas. Minum tiap pagi sampai penyakit anda sembuh.
Menurunkan panas, baik pada anak-anak ataupun orang dewasa ialah dengan memakan buah sirsak yang telah masak. Bisa juga dengan, ambil daun sirsak muda, remas lalu tampung airnya. Bila terlalu pekat, campurkanlah denga secukup air dan gunakanlah untuk kompres.
Untuk obat batuk ringan, siapkan 7 lembar daun sirsak muda. Remas dan tampung airnya. Minum setiap pagi sebelum manyantap apapun.
Pengobatan kanker, studi di Purdue University membuktikan bahwa daun sirsak mampu membunuh sel kanker secara efektif, terutama sel kanker: prostat, pankreas, dan paru-paru. Caranya: 10 lembar daun sirsak yang tua direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas, minum 2 kali per hari selama 2 minggu. Daun sirsak ini katanya sifatnya seperti kemoterapi, bahkan
lebih hebat lagi karena daun sirsak hanya membunuh sel sel yang tumbuh abnormal dan membiarkan sel sel yang tumbuh normal.


BUAH STROBERI

Rasanya yang manis dan sedikit masam menbuatnya banyak digemari. Kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah stroberi lebih banyak dibandingkan 1 buah jeruk orange, karena stroberi memberikan 94 miligram vitamin C atau 1,5 kebutuhan vitamin C harian. Banyak manfaat dari mengkomsumsi vitamin C, antara lain menjaga kesehatan gigi dan gusi anak-anak tetap sehat, membantu penyembuhan luka dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi serta menjadi antioksidan yang membantu mengurangi resiko beberapa jenis kanker.

Delapan buah stoberi atau 1 gelas potong stroberi hanya mengandung 50 kalori dan tidak mengandung kolesterol atau asam lemak jenuh. Jumlah yang sama juga memberikan 30 mikrogram (ug), asam folat. Jumlah ini setara dengan 7,5 persen kebutuhan asam folat harian untuk ibu hamil, yakni 400 ug. Asam folat ini penting untuk mencegah cacat tabung syaraf pada janin. Disamping itu, 1 gelas stroberi juga mengandung skitar 270 miligram potassium, dimana potassium merupakan salah satu mineral yang disarankan ada dalam menu makanan bagi orang yang ingin menurunkan tekanan darah. Jumlah yang sama juga megandung sekitar 4 gram serat, yang dapat membantu menurunkan kadar lemak kolesterol darah dan menyehatkan saluran pencernakan. Buah Stroberi juga mengandung senyawa-senyawa fitokimia yakni asam ellagik, kuersetin, kaempferol, asam fenolat dan antosianin yang diketahui dapat mencegah penggumpalan dara, salah satu penyebab orang kena serangan jantung atau stroke.

Manfaat Stroberi :
Menurut riset yang dilakukan United State Department of Agriculture, khasiat stroberi tidak akan berubah meski sudah diolah menjadi jus, kue ataupun selai. Riset membuktikan, roti bakar yang diolesi selai stroberi mengandung antioksiden 50 persen lebih banyak dibanding stroberi segar.
Mengkonsumsi 1 cangkir stroberi segar setiap hari bisa menurunkan resiko berbagai jenis kanker. Diantaranya kanker leher rahim, payudara, kolon, dan tenggorokan.
Stroberi berkhasiat meningkatkan kekuatan otak dan menjaga penglihatan tetap jernih. Manfaat itu bisa didapat jika Anda secara rutin mengonsumsi stroberi, paling tidak satu sampai tiga cangkir.
Stroberi bisa dijadikan sebagai obat jerawat alami, karena buah ini banyak mengandung asam salisilat yang umumnya dikandung oleh sebagian besar obat jerawat yang dijual di pasaran. Caranya: haluskan buah stoberi, campurkan dengan sedikit yogurth, oleskan di wajah, diamkan selama kurang lebih 15 menit.
Menguyah stroberi setiap hari juga berguna untuk memutihkan gigi dan menghilangkan bau mulut.
Kendungan stroberi juga bermanfaat untuk menghaluskan kulit tubuh, karena mampu mengangkat sel-sel kulit mati. Caranya: berendamlah dalam potongan buah stroberi, campuran susu dan minyak zaitun. Gosokkan ke seluruh tubuh Anda. Jika rutin dilakukan kulit akan menjadi lebih halus, tidak kusam, dan tumit kaki tidak akan pecah-pecah.
Stroberi kaya vitamin C dan vitamin C yang terkandung dalam stroberi aman untuk lambung.

Berdasarkan penelitian, jumlah aktioksidan yang di kandung buah stroberi mencatat skor tertinggi. Dimana antioksidan merupakan senyawa yang bisa melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oleh bahan-bahan penimbul kanker. Cara bekerja antioksidan adalah dengan mencegah atau mengganggu yang dapat mengarah ke pembentukan sel-sel kanker.

Baik zat-zat tertentu dalam stroberi maupun stroberinya sendiri ternyata punya sifat anti kanker. Dalam suatu percobaan terhadap ekstrak stroberi oleh Departemen of Agirculture AS, ekstrak tersebut menunjukkan daya hambat yang besar terhadap pertumbuhan sel kanker serviks maupun sel kanker payudara. Beberapa studi juga menunjukkan, asam ellagik yang ada dalam stroberi bisa menghambat kanker paru-paru, kerongkongan, payudara, kulit, dan kanker hati yang diakibatkan oleh pencernaan bahan-bahan kimia. Dalam percobaan dengan sel kanker payudara, asam ellagik bisa menghambat pertumbuhannya sampai 45 persen. Kuercetin yang ada dalam stroberi juga bisa menghambat pertumbuhan kanker prostat dan kanker payudara.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Peternakan dan Herbal Updated at: 06:52
loading...
Copyright@2014-2018. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.