Loading...

Macam-macam Manfaat Daun Kemangi Bagi Kesehatan

Loading...

Sering Mual dan Bau Mulut Kurang Sedap? Kurangi dan Atasi Dengan Daun Kemangi!
Kemangi adalah terna kecil yang daunnya biasa dimakan sebagai lalap. Aroma daunnya khas, kuat namun lembut dengan sentuhan aroma limau. Daun kemangi merupakan salah satu bumbu bagi pepes. Menurut Wikipedia, Nama ilmiah kemangi adalah: Ocimum × citriodorum
Kemangi sebenarnya merupakan hibrida yang digolongkan antarjenis selasih yakni Ocmum Americanum dan juga Ocinum Basilicum. Kemangi juga banyak dikenal dengan nama ilmiah Ocimum Basilicum Var. Anisatum Benth. Wewangian khas daun kemangi ini bersumber dari senyawa sitrat yang ada terutama pada bagian bunga dan daunnya. Tak hanya atsiri, daun kemangi juga mengandung sejumlah senyawa penting antara lain: senyawa 1-8 sineol, zat arigin, senyawa anetol, zat flavonoid, boron, stigmasterolnya, eugenol, betakaroten, magnesium, Zat triptofan, dan masih banyak lagi lainnya.
Komposisi kandungan zat non gizi pada 100 g daun kemangi adalah 86,89 mg total fenol, 1,89 mg quersetin, 0,74 mg apigenin, 2,47 mg kaemferol, 2,12 mg luteolin, 0,10 mg antosianin, 0,32 mg asam klorogenat, dan 2,03 mg asam kafeat, dan 0,16 mg asam ferulat. Kandungan gizinya, daun kemangi banyak mengandung beta karoten, vitamin C dan mineral kalsium. Dalam 100 g daun kemangi mengandung 43 kkal, 3,39 protein, 1,29 lemak, 7,09 karbohidrat, 320 mg kalsium, 38 mg fosfor, 4,8 mg zat besi, 4500 beta karoten, 0,08 mg vitamin B1, 0,3 mg vitamin B2, 27 mg asam askorbat, dan 86,5% air.
Jika kita membeli menu lalapan seperti lele penyet, bebek goreng, ayam goreng lalapan, ikan bakar pedas dan lain-lain, untuk lalapannya hampir selalu ada yang namanya daun kemangi. Siapa yang tak mengenal tanaman kemangi? Daunnya sangat populer dijadikan pelengkap masakan juga pendamping makanan bagi mereka yang menyukai lalapan.

Memang rasa daun berukuran kecil ini sangat khas. Aromanya juga unik dan memapu menambah cita rasa makanan. Sebagai penambah rasa, daun kemangi lazim dimasak bersama dengan bahan sup dan juga bahan pepes. Sementara itu, sebagai lalapan, daun berwarna hijau cerah ini umumnya dikonsumsi bersama potongan mentimun, irisan kubis dan juga tauge. Kemangi juga sangat nikmat jika diulek bersama sambal dan juga jeruk purut. Bagi orang Sunda, lalapan plus seperti menu wajib di meja makan.

Sementara itu, bagi orang Thailand, kemangi merupakan pelengkap berbagai sup termasuk Tom Yam yang terkenal itu. Anda penggemar kemangi? Tahukan Anda bahwa selain rasa yang nikmat dan unik, ternyata manfaat daun kemangi juga cukup beragam. Penasaran? Simak uraian berikut ini.
Walaupun tidak menyebabkan efek samping yang serius, seseorang yang menderita diabetes dan sudah mengambil obat resep untuk diabetes, maka jika ingin menggunakan daun kemangi harus berkonsultasi dengan dokter. Daun kemangi berfungsi untuk mengurangi kadar gula darah, yang akibatnya bisa beresiko menimbulkan pusing (jika juga mengkonsumsi obat diabetes). Beberapa penelitian pada obyek hewan telah menunjukkan bahwa konsumsi ramuan dari bahan daun kemangi bisa beresiko menurunkan kesuburan. Meskipun tidak ada bukti yang cukup kuat tentang efek samping dari kemangi pada ibu hamil, disarankan ibu hamil hati-hati dalam konsumsi daun kemangi.
Manfaat daun kemangi baik yang telah diakui secara medis maupun telah dibuktikan banyak masyarakat sebagai berikut:

Mengobati panu, caranya cukup mudah. Ambil segenggam daun kemangi dan cuci bersih, setelah itu haluskan. Beri sedikit air campuran kapur sirih dan selanjutnya balurkan pada bagian kulit yang terserang panu. Sebaiknya dilakukan dua kali dalam sehari.

Mengobati sariawan, caranya cukup ambil daun kemangi kira-kira 50 helai dan cuci hingga bersih. Selanjutnya kunyah daun tersebut kurang lebih dua hingga tiga menit. Setelah halus, telah daun kemangi tersebut dan langsung minum air hangat. Untuk hasil maksimal, lakukan maksimal 3 kali dalam sehari.

Mengusir mual juga flu. Caranya cukup mudah, pertama keringkan daun kemangi dan kemudian seduh layaknya teh. Minum air teh kemangi tersebut dua kali dalah sehari dan badan Anda akan sembuh dari mual serta menghalau flu datang.

Mengatasi bau mulut yang kurang sedap. Caranya, ambil daun kemangi, biji juga akarnya. Bersihkan dan kemudian seduh dengan air yang panas. Air seduhan tersebut bisa Anda tambahkan dengan gula merah atau madu. Minum air tersebut di setiap pagi sebelum beraktifitas.

Mengatasi ejakulasi dini pada pria. Kelainan ini sungguh mengganggu terlebih bagi Anda yang mendambakan keturunan. Dengan kemangi Anda bisa mengatasi hal tersebut. Caranya, rebus daun kemangi secukupnya dengan dua gelas air selama kurang lebih 15 menit. Kemudian minum air rebusan tersebut sebanyak dua kali masing-masing ½ gelas. Ramuan ini bisa mempersubur pria sebab kemangi kaya akan senyawa 1-8 sineol dan zat argininnya bisa memperbaiki kualitas sperma. Ramuan ini juga kabarnya bisa meluruhkan gas di dalam perut, melancarkan haid, melenyapkan panas dalam, memperlancar ASI dan masih banyak lagi lainnya.

Manfaat daun kemangi lainnya adalah untuk meredakan perut yang kembung juga masuk angin. Caranya, rebus daun kemangi dengan bawang merah yang kemudian dicampur dengan minyak kelapa. Ramuan tersebut segera dioleskan pada perut yang dirasa kembung.

Manfaat daun kemangi lainnya adalah sebagai pelawan bakteri yang alami sehingga bisa menangkal penyakit yang diakibatkan virus basillus subtilis, salmonella paratyph juga proteus vulgaris.

Loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 01:27
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.