Mengenal Bunga Lavender Yang Berkhasiat

Bunga Lavender
Ternyata Bunga Lavender Tidak Hanya Berguna Sebagai Obat Nyamuk Tetapi Juga Bermanfaat Sebagai Aroma Terapi dan Obat Jerawat 

Bunga Lavender memiliki kurang lebih 36 varietas termasuk yang hibrida. Bunga ini dikenal juga dengan nama Lavendula dan atau Lavendel. Ia merupakan bunga yang digolongkan ke dalam suku Lamiaceae. Konon, Lavender berasal dari Laut Tengah, Afrika dan juga tanah India. Di literature lain, dijelaskan bahwa Lavender berasal dari Perancis. Meski begitu, bukan perkara yang sulit menemukan Lavender tumbuh di belahan dunia lainnya termasuk Indonesia. Meski baru sebatas tumbuhan liar.

Dari segi fisik, cukup mudah untuk mengenali bunga Lavender ini. Bunganya berwarna ungu dengan ukuran kecil. Daunnya kecil dan memanjang. Batangnya semu berwarna hijau dan terkadang tampak berawarna putih sebab terlapisi lilin. Bunga Lavender ini suka tempat dengan terik matahari dan berhawa panas. Hal inilah yang menyebabkan kawasan Perancis, tepatnya di dataran tinggi Valensole ditumbuhi bunga Lavender dengan suburnya.

Bukan hal yang keliru kalau Lavender diidentikkan dengan obat nyamuk. Namun perlu juga diketahui bahwa bunga yang mampu tumbuh dengan ketinggian maksimal 1,5 meter ini bisa dimanfaatkan dalam lingkup lain. Oleh karena baunya yang harum, Lavender kerap dijadikan bahan baku parfum. Oleh karena kandungan linalool asetatnya yang melimpah, Lavender juga populer dijadikan minyak gosok dan aromateraphy. Tak cukup sampai di situ, ternyata di Perancis, bunga Lavender juga sudah biasa dimanfaatkan sebagai pelembab kulit yang sensitive, meredakan radang pada jerawat, sebagai bahan scrub alami, untuk membantu meringankan kulit yang terbakar, penyubur rambut, dan banyak lagi lainnya.

Untuk mengobati jerawat bandel dengan bunga Lavender, cukup oleskan minyak dari biji Lavender secara rutin sampai jerawat hilang. Lakukan hal demikian pada luka goresan atau terbakar. Sementara itu, untuk mendapatkan manfaatnya sebagai pelembab, cobalah kombinasikan minyak lavender bersama minyak zaitun dan sari mawar.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 21:26
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.