Loading...

Obesitas Penyebab Diabetes, Ini Penjelasannya!

Loading...
Gen Dengan Diabetes Dimiliki Setiap Manusia Sehingga Setiap Orang Memiliki Resiko Terkena Penyakit Diabetes

Kegemukan sering disebut-sebut sebagai faktor risiko dari penyakit jantung dan pembuluh darah. Namun menurut dokter, kondisi ini juga bisa memicu penyakit kronis lain seperti diabetes lho.

Ya, dokter penyakit dalam dari RS Cipto Mangunkusumo-Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dr Dante S. Herbuwono, SpPD-KEMD, PhD, bahkan menyebutkan jika setiap manusia pada dasarnya memiliki gen dengan diabetes. Menurutnya, gen diabetes bersifat multigenom dan membutuhkan interaksi dengan gen lain, sehingga setiap orang punya risiko untuk terkena penyakit tersebut.

"Tidak ada orang Indonesia yang bebas dari gen diabetes. Semua dari kita punya risiko diabetes, jadi harus start dari diri sendiri. Inti mencegahnya adalah dengan mencegah obesitas. Tidak ada pengecualian atau kata terlambat," pesan dr Dante.

Menurut dr Dante, lemak pada orang yang kegemukan jumlahnya lebih banyak meskipun memiliki berat badan yang sama. Insulin pada tubuh tersebut dirusak oleh sesuatu yang diproduksi lemak visceral itu sendiri.

"Alasan klasik kalau bilang tidak punya waktu. Itu memang jadi momok dan alasan paling gampang supaya tidak olahraga. Padahal kalau kita mau, investasi olahraga 1-2 jam sehari itu modal biar tidak cuci darah 3 kali seminggu nantinya," pungkas dr Dante.

Kegemukan pada anak-anak juga memerlukan perhatian khusus. Menurut dr Dante, besarnya sel lemak saat dewasa ditentukan saat masa pertumbuhan. Jika seorang anak sudah membentuk sel lemak yang besar, maka sel lemak tersebut akan sulit mengecil saat ia dewasa kelak. Oleh sebab itu, anak berpipi tambun meskipun lucu namun lebih tinggi risikonya untuk memiliki penyakit kronis nantinya.

"Obesitas itu bukan cuma masalah orang dewasa, tapi juga anak-anak. Walaupun penyakitnya baru muncul saat dewasa," imbuhnya.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 19:39
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.