Budidaya dan Cara Menanam Bawang Bombay, Komoditas Pertanian yang Potensial

loading...
Cara Menanam Bawang Bombay Secara Benar
Bawang Bombay. Bila kita menanam bawang bombay yang datang dari umbi, jarak tanamnya mesti sedikit renggang, lebih renggang dibanding jarak tanam bawang putih serta bawang merah. biasanya, jarak tanam yang dipakai yaitu 25 – 40 cm untuk antar baris tanaman, serta 10 – 40 cm antar tanaman didalam satu barisan.

Bawang Bombay
Untuk menanam bawang bombay, yang pertama kali dikerjakan yaitu membuat lubang tanam. sesudah itu, umbi bibit dimasukan kedalam lubang dengan posisi umbi tegak, serta sisi potongan ada di permukaan bedengan. Yang perlu di perhatikan, penanaman umbi janganlah ssampai terbalik, umbi ditutupi dengan tanah, setelah itu tanah dibasahi secukupnya. Bila tanaman bawang bombay yang dapat kita tanam datang dari bibit semai, yang pertama kali dikerjakan yaitu mempersiapkan lubang tanam. sesudah itu, bibit semai ditanam ke didalam lubang serta ditimbun tanah hingga batang akar. waktu terbaik untuk menanam adalah pada waktu cuaca cerah pada pagi hari waktu matahari belum terlampau tinggi.

Pemeliharaan tanaman
Pemeliharaan bawang bombay tidak jauh lain dengan pemeliharaan bawang putih serta bawang merah, dimulai dari penyiraman, penyiangan, penggemburan tanah, pemupukan, serta pengendalian hama penyakit.
Penyiraman
Penyiraman adalah perihal yang mutlak didalam bididaya bawang bombay. tanaman bawang bombay memerlukan banyak air, terlebih pada saat perkembangan. meskipun demikianlah, tanaman ini tidak suka tanah yang becek. Makin tua umur tanaman bawang bombay, keperluan pada air makin menyusut. pengairan bisa dikerjakan genangi parit-parit. langkah ini memerlukan banyak air serta bisa memadatkan tanah. langkah lain yang tambah baik yaitu dengan menyiramkan air menggunakan embrat. Penyiraman pertama dikerjakan sesudah bibit ditanam. penyiraman selanjutnya dikerjakan 1 hari 2 x, pagi serta sore hari,. tetapi, banyak atau tidaknya penyiraman bergantung situasi lahannya. yang perlu di perhatikan jangan sempat tanah alami kekeringan atau tergenang air.
Penyiangan serta penggemburan tanah
Penyiangan didalam budidaya bawang bombay, umumnya dikerjakan sejumlah 2 x. penyiangan pertama dikerjakan waktu tanaman berusia tiga minggu, serta penyiangan ke-2 dikerjakan sesudah enam minggu. penyiangan tanaman pengganggu mesti dilakukam dengan hati-hati, jangan sempat mengakibatkan kerusakan perakaran bawang bombay. berbarengan dengan penyiangan, dikerjakan juga penggemburan tanah supaya tanah tidak memadat.
Pemupukan
Pemupukan pertama dikerjakan lebih kurang 1 minggu sebelum saat tempat ditanami, gunakan pupuk kandang atau kompos. pupuk kandang atau kompos yang dipakai baiknya yang telah tua. Dikarenakan bila menggunakan pupuk kandang atau kompos yang tetap muda, dapat mengganggu perakaran bawang bombay. pemberian pupuk ke-2 dikerjakan lebih kurang 2 – 3 hari sebelum saat penanaman gunakan pupuk buatan. pemupukan paling akhir dikerjakan memberikan pupuk susulan berbentuk pupuk buatan, layaknya urea, za, serta tsp. langkah pemupukan sama layaknya pada bawang merah serta bawang putih
Pengendalian hama serta penyakit
Hama serta penyakit yang menyerang tanaman bawang bombay tidak jauh tidak sama dengan hama yang menyerang bawang merah serta bawang putih. perumpamaan hama yang menyerang tanaman bawang bombay penggerek daun hama bodasa. perumpamaan penyakitnyang menyerang tanaman bawang bombay adalah penyakit busuk, bercak ungu, serta embun upas.
Untuk menghindar pada hama serta penyakit tanaman butuh dikerjakan penyemprotan tiap-tiap 7 – 10 hari sekali. bila berlangsung hujan disiang hari, tanaman mesti segera disemprot. demikianlah juga bila malam hari berlangsung hujan, pagi harinya mesti segera disemprot, supaya tidak terkena serangan penyakit yang dikarenakan oleh jamur. Usaha pencegahan pada hama serta penyakit yang lain adalah dengan menghindar supaya tanah jangan sempat jadi becek, dikarenakan dapat mudah terserang oleh jamur.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Peternakan dan Herbal Updated at: 19:41
loading...
Copyright@2014-2018. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.