Buah Carica Dieng Plateau

loading...
Bagi para traveller yang pernah berkunjung ke Wonosobo tentu pernah membeli oleh-oleh yang bernama Carica ini. Biasanya carica yang dijual sudah diolah dalam botol kecil yang berisi sirup dan buah carica tersebut. Banyak merk Carica kemasan yang diperdagangkan sebagai oleh-oleh khas Pegunungan Dieng (Dataran tinggi Dieng / Dieng Plateau). Tetapi banyak juga yang belum tahu seperti apa sebenarnya buah dan pohon Carica itu. Berikut ulasannya:

Buah Carica hanya tumbuh di dataran tinggi Dieng dengan curah hujan yang tinggi dan tanah yang subur. Buah carica sendiri masih masuk dalam kerabat buah pepaya, buah carica sendiri memiliki bentuk yang lebih kecil di bandingkan dengan buah pepaya. 
Rasa yang dihasilkan buah carica berbeda dengan pepaya pada umumnya, kalau pepaya pada waktu buah masak bisa langsung di konsumsi, tetapi kalau untuk buah carica sendiri perlu pengolahan terlebih dahulu untuk mengkonsumsinya, buah tersebut bisa diolah menjadi manisan, sirup atau selai.
Kebanyakan dari masyarakat Dieng mengolah menjadi manisan carica, sebab di lain sisi karena lebih menguntungkan, cara pembuatanya juga cukup mudah. Bahan dasar pembuatanya adalah buah carica, air, gula dan pengatur keasaman buah.


Manisan carica Dieng selain terkenal akan cita rasanya yang menggoda lidah, juga banyaknya kandungan zat pada buah yang apabila bisa dimanfaatkan dengan maksimal sangatlah baik untuk kesehatan tubuh Anda.  Beberapa manfaat carica Dieng yang perlu Anda ketahui :

Menyehatkan Kulit.  Anda tau bahwa kandungan vitamin C dan E sangatlah baik untuk kesehatan kulit, vitamin C bisa menangkal radikal bebas juga menghambat keriputan sedangkan untuk vitamin E bisa mengatasi sinar UV matahari. Kandungan Vitamin C dalam buah carica sangat tinggi bahkan lebih besar di banding buah jeruk, sehingga dapat membantu tubuh dalam menangkal radikal bebas dan juga dapat meningkatkan kesehatan kulit anda. Vitamin C dapat membantu pembentukan kolagen sehingga dapat mengurangi kerutan pada kulit wajah anda. 
Manfaat Buah Carica mengandung vitamin A dalam yang juga tidak kalah tinggi dengan wortel. Vitamin A sangat berkontribusi dalam menjaga kesehatan terutama pada kesehatan mata. Buah carica juga bisa digunakan sebagai nutrisi tambahan bagi mereka yang mengalami rabun senja. Rabun senja itu sendiri bisa terjadi dikarenakan kekurangan vitamin A, jika anda mengalami rabun pada senja hari sebaiknya anda mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A seperti buah carica ini. 
Meskipun kandungan B kompleks dan kandungan vitamin E dalam buah carica tidak begitu besar namun vitamin ini sangat berkontribusi dalam menjaga kesehatan. Seperti vitamin E yang dapat menjaga kelembapan kulit dan melindungi kulit dari kerusakan sinar UV dari matahari. Sedangkan vitam,in B complex dapat memberikan energi tambahan pada tubuh pada saat anda beraktivitas dan membantu proses metabolism tubuh.


Kesehatan UsusDalam buah carica juga memiliki enzim Papain, enzim ini bisa membunuh bakteri jahat pada usus, 
Melancarkan Pencernaan. Kandungan serat dalam buah carica juga dipercaya dapat melancarkan pencernaan dan pembuangan. Manfaat Buah Carica mengandung serat dapat membantu meningkatkan fungsi pencernaan. Buah carica, dari namanya saja sudah menunjukkan keunikan karena memang masih jarang didengar informasi tentang buah yang satu ini. Perbedaan anatara buah carica dengan pepaya yang biasa kita jumpai di pasar atau supermarket adalah buah ini ukurannya lebih kecil dari pepaya biasa dan juga buah ini hanya hidup di dataran yang bersuhu dingin seperti di daerah pengunungan dieng. Dikatakan buah ini merupakan buah para dewa, yang seolah mengisyaratkan bahwa buah ini meiliki sejumlah manfaat yang besar bagi kesehatan. Buah ini mengandung sejumlah nutrisi seperti serat, vitamin E, vitamin B kompleks, enzim papain yang sangat tinggi, vitamin A, vitamin C. Kandungan zat enzim papain serta serat yang tinggi dalam buah carica dapat membantu proses pencernaan dan membantu membuang kotoran. Kandungan enzim papain dalam buah carica ini dapat membunuh bakteri jahat dalam usus dan menormalkan ph dalam usus. Sedangkan kandungan serat dalam buah carica dapat membantu memperlancar BAB sehingga bermanfaat untuk mereka yang mengalami sembelit atau susah BAB. Kandungan serat yang tinggi juga dapat mencegah terjadinya kanker kolon.

Sumber Energi. Vitamin B dalam buah carica bisa membantu proses metabolisme tubuh, hal tersebut dapat menghasilkan sumber energi dalam tubuh. 

Mencegah Kanker PayudaraPenelitian mengatakan bahwa dalam buah carica terdapat zat Agrinin, dipercaya zat tersebut dapat mencegah penyakit kanker Payudara.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Peternakan dan Herbal Updated at: 20:47
loading...
Copyright@2014-2018. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.