Cara Menentukan Umur Kambing

loading...
Sudah lama diketahui bahwa gigi adalah salah satu komponen yang sangat penting untuk menaksir atau memperkirakan umur kambing. Hal ini karena fase-fase perubahan dari gigi susu ke gigi tetap selalu memperlihatkan siklus yang sama pada tiap-tiap hewan. Jika untuk sapi selalin gigi maka tanduk juga bisa dijadikan pedoman untuk memperkirakan umur sapi. Meskipun cara memperkirakan umur melalui gigi dan tanduk tersebut tidak mungkin bisa 100% tetapi cara inilah yang paling mudah jika kita akan membeli ternak di pasar hewan dimana kita butuh untuk tahu umurnya terutama kalau ternak tersebut akan dipakai untuk usaha breeding atau dikembangbiakkan.

www.agro-trader.blogspot.com
Gigi merupakan bagian yang berada di rongga mulut yang berguna untuk mengunyah makanan. Ternak juga sama halnya dengan manusia, yaitu mempunyai gigi yang membantu dalam proses pencernaan pakan. Pada ternak kambing, ada hal yang unik, yaitu gigi mengalami keterasahan dan erupsi secara kontinyu dengan karakteristik tertentu, sehingga gigi pada kambing dapat digunakan untuk menduga umur kambing jika tidak adanya catatan reproduksi maupun kelahiran dari kambing tersebut.

Jika kita amati perkembangan gigi seri pada kambing, akan dijumpai adanya gigi awal yang umumnya kita sebut dengan gigi seri susu. Setelah beberapa waktu gigi seri susu akan berubah menjadi gigi seri permanen dan gigi seri permanen ini akan mengalami keterasahan pada umur-umur tertentu, sehingga dapat digunakan untuk menduga umur ternak kambing.  Susunan gigi seri permanen pada kambing yang sudah dewasa, yaitu sepasang gigi seri sentral, sepasang gigi seri lateral, sepasang gigi seri intermedial, sepasang gigi seri sudut pada rahang bawah, tiga gigi premolar dan tiga gigi molar.

Penaksiran umur kambing berdasarkan gigi seri yaitu sebagai berikut:

> Jika pada kambing telah tumbuh sepasang gigi seri susu sentral, kambing berumur 1 hari sampai 1 minggu;
> Sepasang gigi seri susu lateral, kambing berumur 1 – 2 minggu;
> Sepasang gigi seri susu intermedial, kambing berumur 2 – 3 minggu;
> Sepasang gigi seri susu sudut, kambing berumur 3 – 4 minggu; 

www.agro-trader.blogspot.com
 
> Sepasang gigi seri susu sentral digantikan oleh sepasang gigi seri permanen sentral, kambing berumur 1 –     1,5 tahun;
> Sepasang gigi seri susu lateral digantikan sepasang gigi seri permanen lateral, kambing berumur 1,5 – 2,5 tahun;
> Sepasang gigi seri susu intermedial digantikan sepasang gigi seri permanen intermedial, kambing berumur 2,5 – 3,5 tahun;
> Sepasang gigi seri susu sudut digantikan sepasang gigi seri permanen sudut, kambing berumur 3,5 – 4 tahun.

Jika kita membahas peternakan yang sudah modern baik kambing sapi maupun domba maka umur bisa ditetapkan secara tepat karena untuk peternakan model ini sudah ada pencatatan kelahiran. 

Untuk lebih dekat dengan seluk beluk kambing mungkin artikel dibawah ini bermanfaat :
ARTIKEL TERKAIT :
 

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Peternakan dan Herbal Updated at: 02:04
loading...
Copyright@2014-2018. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.