Ayam Pelung Ayam Lokal Unggulan

loading...
Ayam lokal Indonesia atau kita sering sebut sebagai ayam kampung atau ayam buras jenis nya sangat banyak di Indonesia dan tersebar hampir diseluruh wilayah. Tiap daerah punya ayam kampung yang khas dengan keunggulannya masing masing. Ada yang mengandalkan suaranya/kokokannya ada juga dari warna badannya yang full hitam. Salah satu yang akan kita coba kupas disini adalah ayam kampung yang bearasal dari Jawa Barat yaitu ayam Pelung.

Ayam Pelung merupakan ayam peliharaan asal Cianjur, sejenis ayam asli Indonesia dengan tiga sifat genetik. Pertama suara berkokok yang panjang mengalun. Kedua pertumbuhannya cepat. Ketiga postur badan yang besar. Bobot ayam pelung jantan dewasa bisa mencapai 5 - 6 kg dengan tinggi antara 40 sampai 50 cm.
 
Nama ayam pelung berasal dari bahasa sunda Mawelung atau Melung yang artinya melengkung, karena dalam berkokok menghasilkan bunyi melengkung juga karena ayam pelung memiliki leher yang panjang dalam mengahiri suara / kokokannya dengan posisi melengkung.

Ciri-Ciri Ayam Pelung

> Badan Kokoh dan secara umum jauh lebih besar dari ayam kampung/lokal biasa
> Cakar besar dan panjang warna hitam, putih, hijau juga kuning
> Pial besar bentuk bulat warna merah
> Jengger besar dan tebal warna merah dan berbentuk tunggal
> Warna bulu bermacam-macam
> Suara yang merupakan ciri khasnya, berkokok berirama panjang dan merdu.


Pakan Ayam Pelung :

Bentuk butiran : jagung, gadum, sorghum, dan lain-lain yang merupakan sumber karbohidrat.
Bentuk tepung : bekatul, dedak gandum, tepung tulang, tepung ikan, dan lainnya, sebagai sumber protein dan karbohidrat.
Bentuk pipih : bungkil kedele, bungkil kacang tanah, dan jenis bungkil-bungkilan sebagai sumber protein dan asam amino.
Bentuk cair : minyak ikan, minyak kedele, sebagai sumber energi
Bentuk tepung komplit - Berupa camuran bahan pakan yang telah digiling halus sebeum dicampur sehingga mengandung unsur gizi yang baik yang diperlukan untuk ayam.ransup jenis ini mudah diserap oleh usus ayam, sehingga dapat diberikan pada semua jenis ayam pelung dari anak hingga dewasa.
Bentuk butiran atau Pelet - Merupakan bentuk ransum komplit yang diproses kembali menjadi bentuk butiran. Penggunaan ransum ini disesuaikan dengan sifat alami ayam yang lebih menyukai pakan butiran/biji-bijian. Penggunaan pakan seperti ini mengurangi pengeluaran karena tidak ada yang terbuang. Namun, pemberian ransum jenis ini hanya dapat diberikan pada ayam yang telah menginjak dewasa. 

Untuk kandang sama seperti ayam kampung biasa, tetapi karena ayam pelung juga berfungsi sebagai ayam hias karena kekhasan suaranya tentu kita harus siapkan kandang yang lumayan bagus dan enak dipandang dan yang terpenting sanitasi dan kebersihannya terjamin sehingga ayam pelungnya tidak mudah terkena penyakit.

 

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Peternakan dan Herbal Updated at: 20:07
loading...
Copyright@2014-2018. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.